Tips Ibu Hamil Lakukan Senam Ibu Hamil Mudah Dan Bermanfaat

Olahraga bagi ibu hamil sangat banyak manfaatnya, ada banyak olahraga yang cocok bagi ibu hamil salah satunya yaitu senam ibu hamil. Ibu hamil dapat melakukan dirumah sambil santai menonton TV, sambil bercengkrama dengan ibu hamil lainnya atau melakukan senam hamil disela beraktifitas ringan lainnya. Anda juga bisa ke tempat kebugaran yang membuka kelas khusus olahraga bagi ibu hamil.
Jika anda memilih melakukan senam hamil dirumah ada beberapa gerakan yang gampang dilakukan sendiri ibu hamil, Tips melakukan senam hamil seperti :
 
Duduk bersila dengan posisi seperti orang meditasi, punggung diusahakan tegak. Rilekskan tubuh dan pikiran lalu atur nafas masuk melalui hidung dan keluarkan perlahan melalui hidung juga. Lakukan beberapa menit.
Tips Ibu Hamil Lakukan Senam Ibu Hamil Mudah Dan Bermanfaat

Masih dalam posisi duduk, sekarang renggangkan kedua kaki lurus ke depan, condongkan tubuh ke belakang dan bertumpu pada siku lengan yang diletakan di lantai. Lakukan gerakkan kaki ke atas dan ke bawah hingga posisinya lurus dengan lutut. Variasi gerakan yang lain yaitu menggerakkan telapak kaki ke samping, kemudian tegakkan lurus, ke samping lagi, lakukan gerakan ini berulang sampai merasa cukup.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Janin dalam Kandungan

Posisi berbaring badan miring dengan kedua lutut dan kedua lengan ditekuk. Bagian bawah kepala dan perut di beri bantal agar perut tidak menggantung. Dengan rileks atur pernapasan secara berirama sambil menggerakkan telapak kaki ke samping, lalu tegakkan lurus, ke samping lagi. Lakukan beberapa menit.

Dalam posisi tidur dengan bantal meyangga kepala angkat kedua lutut kaki menjadi seperti posisi melahirkan. Tarik nafas sedalam-dalamnya lewat mulut, tahan, dan ngeden. Jika merasa nafas sudah mau habis, keluarkan lalu tarik nafas kembali, dan ulangi proses ini beberapa saat.

Mudah dilakukan bukan? Selain beberapa gerakan senam ibu hamil tersebut sebenarnya masih banyak lagi gerakan senam ibu hamil lainnya, anda bisa mengkombinasikan dan mencoba mengembangkan sendiri dengan merasakan manfaatnya.

Tips melakukan senam hamil ini jangan terlalu memaksakan diri melakukan setiap gerakan, lakukan dengan rileks, jika memungkinkan lakukan secara berkelompok agar bisa saling membantu. Namun untuk beberapa ibu hamil olahraga justru dapat membahayakan, jangan lupa untuk konsultasi rutin dengan dokter.