Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi Menyerang Tubuh

Kolesterol sebenarnya merupakan zat yang harus ada didalam tubuh. Fungsi dari kolesterol ini sangat banyak, salah satunya yaitu sebagai perkembangan saraf. Tanpa kolesterol saraf pada tubuh tidak akan berkembang sebagaimana mestinya. Namun tidak semua kolesterol itu baik ada juga kolesterol jahat yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. penyebab kolesterol tinggi jahat ini sangat bermacam-macam, namun penyebab utamanya tetap dari makanan yang dikonsumsi.


Mengetahui penyebab masalah kolesterol tinggi pada tubuh memang sangat penting dan harus diketahui oleh semua orang. Dengan begitu, Anda bisa mencegah kolesterol pada tubuh meninggi dan membahayakan kesehatan tubuh. Berikut beberapa penyebab dari kolesterol menjadi tinggi.

  1. Makanan
    Makanan penyebab kolesterol tinggi adalah makanan yang banyak mengandung lemak. Selain itu, makanan cepat saji juga merupakan salah satu faktor utama yang bisa menaikkan kolesterol dalam darah menjadi naik. Bahkan, kuning telur dan juga daging sapi bisa menyebabkan kolesterol tinggi.
  2. Obesitas
    Kegemukan atau obesitas juga merupakan faktor utama penyebab kolesterol tinggi. Orang yang mengalami obesitas sangat rentan mengalami tinggi kolesterol, hal ini dikarenakan lemak dalam tubuhnya sangat banyak sehingga memicu timbulnya kolesterol jahat pada tubuh.
  3. Rokok dan Alkohol
    Mengkonsumsi rokok dan juga alkohol yang berlebihan juga bisa menyebabkan kolesterol menjadi tinggi. Kandungan rokok dan alkohol bisa membuat kolesterol dalam tubuh meninggi dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya, seperti jantung dan juga stroke.
  4. Usia
    Penyakit kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh usia. Semakin tua usia seseorang maka semakin tinggi pula kolesterol yang ada dalam tubuhnya. Namun, tidak hanya orang yang sudah tua saja yang bisa terkena kolesterol tinggi, Anda yang masih muda juga rentan terkena penyakit yang satu ini.
  5. Keturunan
    Penyakita kolesterol tinggi ini dapat diturunkan, jadi jika ada seseorang yang menderita kolesterol ting maka sang anak memiliki bakat dan resiko yang sama untuk terkena penyakit kolesterol tinggi.
Dari berbagai penyebab kolesterol tinggi diatas memang makanan adalah penyebab utamanya. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga pola makan Anda setiap harinya. Kurangi makanan yang berlemak dan juga banyak mengandung kolesterol.

Selain itu, Anda juga harus rajin berolahraga agar kolesterol jahat dalam tubuh bisa hilang dan berganti dengan kolesterol yang baik. Dengan konsumsi makanan yang sehat dan rajin olahraga tubuh Anda akan semakin fit dan juga prima, bahkan segala macam penyakit yang berbahaya bisa terhindarkan.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai beberapa faktor yang menjadi penyebab kolesterol tinggi yang harus anda hindari. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam usaha menjaga kesehatan kita sendiri maupun orang disekitar kita. Semoga dapat bermanfaat, dan salam sehat selalu!