Cara Jitu Mencegah Kanker Otak

Kepala merupakan bagian anggota tubuh yang cukup vital, karena di dalamnya terdapat bagian otak yang merupakan inti dari pusat pergerakan dan pemikiran. Saat anda berjalan, berlari, melompat, atau melakukan aktifitas lainnya, itu terjadi karena adanya perintah dari otak. Maka dari itu, sangatlah berbahaya jika ada suatu penyakit yang menyerang bagian otak.


Salah satu penyakit otak yang berbahaya adalah kanker otak. Penyakit ini sulit untuk dilihat atau diketahui karena letaknya yang berada di bagian dalam kepala sehingga membutuhkan bantuan alat scan untuk melihatnya. Kanker otak bisa dialami oleh siapapun, baik pria ataupun wanita. Faktor penyebab kanker otak juga sangat beragam, yaitu kelainan genetik, makanan yang dikonsumsi tiap hari, atau juga karena paparan radiasai.

Biasanya para pengidap penyakit kanker otak memiliki gejala tertentu seperti merasa mual, sakit kepala yang sangat menekan dalam waktu yang lama, sering lemas, berkurangnya indra pendengaran dan indra penglihatan. Semua gejala tersebut patut diwaspadai, jika anda sudah mengalami gejala yang telah disebutkan dalam waktu yang cukup lama sebaiknya segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Jika saat ini anda dalam keadaan sehat maka bersukurlah, karena sehat itu mahal dan sehat itu merupakan anugerah tuhan yang sangat luar biasa. Berikut ini beberapa cara jitu mencegah kanker otak, sebuah peribahasa menyebutkan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

  1. Lindungi Kepala dari Benturan Benda Keras
    Dalam keadaan apapun sebaiknya jaga kepala anda dari benturan benda keras. Biasakan menggunakan helm saat mengendarai motor. Dan usahakan setiap sudut meja di dalam rumah diberikan sebuah alas yang agak tebal, supaya menjaga anak-anak dari benturan dengan ujung meja pada saat bermain.
  2. Mengkonsumsi Sayuran Hijau
    Sayuran hijau mengandung serat dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan banyak mengkonsumsi sayuran, maka kita dapat memperlancar aliran darah menuju ke otak, sehingga resiko kanker otak bisa dihindari.
  3. Hindari Radiasi Elektronik
    Salah satu penyebab kanker otak adalah radiasi tinggi pada otak. Maka dari itu, sebaiknya anda minimalisir pemakaian barang elektronik yang memiliki radiasi seperti handphone, radio, televisi, dan gadget lainnya.
  4. Teh Hijau
    Selain bermanfaat untuk melangsingkan tubuh, ternyata teh hijau juga dapat mencegah terjadinya kanker otak. Hal ini dikarenakan pada teh hijau terdapat zat antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari serangan virus dan bakteri serta menjaga otak dari serangan sel kanker.
  5. Mengkonsumsi Buah Naga
    Mungkin anda tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, buah yang memiliki bentuk seperti kol dan memiliki warna yang merah dengan dikelilingi duri halus disekitarnya. Buah naga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Demikian beberapa informasi yang dapat saya berikan. Semoga tips mengenai cara jitu mencegah kanker otak ini dapat bermanfaat untuk anda.