Menjaga Kesehatan Mata dengan Buah Nangka, dan Banyak Khasiat Lainnya

Buah nangka yang terkenal dengan bau harumnya ini selalu menggoda selera untuk menyantapnya, apalagi dibuat es campur akan semakin menambah kenikmatan pada buah ini. Siapa sangka, buah yang bernama latin Artocarpus Heterophyllus ini menyimpan banyak khasiat dibalik rasanya yang manis dan lezat itu.


Buah yang sudah selezat itu masih memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tentu akan semakin menambah nilai plus pada buah yang terkenal dengan sebutan jackfruit ini. Berikut ini adalah beberapa Khasiat Buah Nangka, diantaranya :

  1. Mencegah Anemia
    Anemia atau kekurangan darah dapat membuat seseorang sering merasa pusing dan cepat lelah sehingga sangat mengganggu aktivitas keseharian. Oleh karena itu, anda dapat mencegahnya dengan mengonsumsi buah nangka yang sudah matang. Buah nangka memiliki kandungan zat besi pencegah anemia dan membantu dalam sirkulasi darah.
  2. Memperkuat Tulang
    Buah nangka kaya akan magnesium atau nutrisi yang sangat penting untuk menyerap kalsium yang dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Buah nangka mengandung magnesium yang bagus untuk menyehatkan dan menguatkan tulang. Cocok dikonsumsi bagi bagi anda  pekerja keras, segala umur tua dan muda agar kesehatan tulang tetap terjaga.
  3. Meningkatkan Energi
    Jika anda ingin seharian beraktivitas jangan takut untuk kehabisan energi. Makanlah buah nangka sebelum anda memulai beraktivitas. Kandungan gula alami seperti fruktusa dan sukrosa di dalam buah nangka menjadi sumber energi bagi tubuh. Aktivitas anda yang padat dapat didukung energi dari buah nangka yang anda konsumsi. Selain itu,buah nangka juga tidak mengandung lemak jenuh yang mengakibatkan kolestrol.
  4. Menurunkan Tekanan Darah
    Tekanan darah yang meningkat tidak terkontrol akan mengakibatkan stroke atau serangan jantung pada seseorang. Oleh karena itu, turunkan tekanan darah anda dengan buah nangka karena mengandung kalium yang dapat enurunkan tekanan darah. Dengan begitu, anda akan terhidar dari serangan jantung dan stroke yang dapat datang secara tiba-tiba.
  5. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit
    Kandungan Vitamin A dan juga Vitamin E yang dimiliki buah nangka sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit. Anda dapat terhindar dari rabuh senja atau degnerasi makula. Sedangkan kandungan Vitamin E bagus untuk kesehatan kulit, serta dapat mencegah penyakit kulit datang.

Begitu banyak khasiat buah nangka yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain rasanya yang nikmat juga menyimpan khasiat yang tidak terduga. Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, buah ini kaya akan kandungan antioksidan vitamin C yang menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA.

Dengan mengkonsumsi sumber makanan yang kaya vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan sel degenaritif yang dapat memicu munculnya gejala kanker.