Tips Detox Alami Untuk Membersihkan Racun Dalam Tubuh


Detox merupakan sebuah proses untuk mengeluarkan toksin yang ada di dalam tubuh.
Biasanya proses pengeluaran toksin atau racun dari dalam tubuh melalui urin, pernapasan, tinja, dan keringat. Proses pengeluaran toksin atau racun ini menggunakan empat organ utama yang berfungsi sebagai eksresi di antaranya, hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit.

Dengan menggunakan tips detox alami ini, kita dapat secara optimal mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh kita. Jika proses pengeluaran racun berjalan secara optimal, maka efek dari detox yang optimal juga akan luar biasa pada tubuh kita. Tubuh kita akan mencerna makanan secara lebih baik, kulit akan menjadi lebih bersih, serta beberapa keluhan sakit pada organ tubuh anda akan sedikit berkurang bahkan hilang.

Detox menjadi hal penting untuk dilakukan untuk membersihkan racun yang menumpuk dalam tubuh, yang jika dibiarkan akan menjadi sumber penyakit. Penumpukan racun dalam tubuh bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor makanan.

Mengkonsumsi makanan berkolestrol tinggi mengandung lemak jenuh dan beberapa jenis makanan ringan yang berpengawet dan mengandung zat berbahaya juga merupakan salah satu pemicu menumpuknya racun dalam tubuh. Maka dari itu, anda harus bisa membiasakan diri untuk mengeluarkan racun dari kebiasaan pola makan yang kurang sehat. Memang dampak yang dirasakan tidak langsung terasa, namun jika dibiarkan terlalu lama, racun-racun tersebut dapat membahayakan kesehatan anda.

Di bawah ini ada salah satu pilihan aman untuk detoksifikasi yang bisa anda lakukan secara alami, sebagai berikut:

Konsumsi Air Putih Hangat
Mineral terutama air mineral (air putih) merupakan salah satu cairan yang berkualitas dan bisa diperkaya membersihkan sistem pencernaan. Air mineral dapat melarutkan unsur-unsur kimia jahat yang ada dalam darah dan memperbaiki jaringan tubuh dan proses pertumbuhan. Dengan mengkonsumsi air putih terutama yang hangat sedikitnya dua gelas setiap pagi hari, setelah bangun tidur, dapat mengeluarkan racun secara alami dari dalam tubuh. Penting untuk diketahui bahwasanya kekurangan air dalam tubuh dapat mengakibatkan darah menjadi lengket dan kental, juga dapat menyumbat dan meracuni sistem di dalam tubuh.

Konsumsi Air Kelapa Hijau
Air kelapa hijau atau dalam istilah Jawa (degan ijo) memiliki khasiat yang luar biasa dalam tubuh. Salah satunya sebagai mineral yang dapat membantu mengeluarkan racun yang ada pada tubuh. Secara umum manfaat air kelapa hijau adalah membersihkan saluran pencernaan bahkan dapat melawan kuman, virus, dan bakteri. Dengan secara teratur mengkonsumsi air kelapa hijau dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencukupi asupan cairan dalam tubuh.

Detox Liver Alami Dengan Jeruk
Liver adalah organ dalam tubuh yang lebih dikenal dengan hati. Dewasa ini liver banya mengalami gangguan kesehatan seperti yang populer adalah kanker liver atau kanker hati. Penumpukkan racun yang ada dalam tubuh juga dapat berdampak menjadi kanker. Salah satunya hati sebagai organ ekskresi yang dapat diserang kanker.

Detox liver dengan cara alami adalah dengan menggunakan buah jeruk atau lemon. Mengapa lemon? Karena kandungan limonene yang terdapat dalam jeruk nipis, jeruk, atau lemon dapat menetralisir senyawa kanker yang ada dalam liver atau hati. Jeruk juga merupakan salah satu bahan makanan alami yang kaya akan kandungan vitamin C, dan dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu jeruk juga kaya akan flavanoid, senyawa antioksidan penting yang melindungi sistem imun manusia dengan cara melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Anda dapat mengkonsumsi air perasan jeruk 10 menit sebelum anda makan untuk hasil yang lebih maksimal.

Demikianlah tadi beberapa Tips Detox Alami yang dapat anda coba untuk membersihkan racun dalam tubuh. Semoga bermanfaat, Selamat mencoba!