12 Jamu Untuk Ambeien Atau Wasir Dari Bahan Alami

Jamu Untuk Ambeien sebenarnya bisa anda peroleh langsung dari lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan sangat kayanya tanah Indonesia dengan ramuan herbal tradisional. Dengan adanya obat wasir (ambeien) berbahan tradisional ini, tentu akan sangat membantu bagi anda yang mengalami keluhan terkait dengan gejala atau dampak yang ditimbulkan. Seperti halnya cara mengobati wasir dengan bawang putih, pasti anda sudah bisa menilai sendiri bahwa dari rempah atau bumbu dapur ini saja sudah mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan ambeien. Nah, seperti apa saja bahan serta resep yang bisa digunakan untuk mengobati ambeien secara alami dan ampuh? Mungkin rincian yang sudah kami sdiakan dibawah ini akan sangat membantu!


Seperti yang anda ketahui, ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem pembuangan (anus). Penyakit ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia serta mempunyai dampak yang cukup serius bagi dunia kesehatan. Karena hal tersebut, tidak sedikit pula jenis obat atau terapi penyembuhan yang bisa anda ketahui dari berbagai media. Entah itu siaran TV, media cetak, internet, dan lain sebagainya. Nah apa saja dampak yang dirasakan ketika anda menderita ambeien? Tentu ciri-ciri utamanya ialah bisa diketahui dengan melihat bentuk bibir anus yang membengkak, sering berdarah ketika BAB (mengejan), dan terparah sampai perlu dilakukan operasi karena pembengkakan (radang) sudah akut.

12 Jamu Untuk Ambeien Atau Wasir Dari Bahan Alami

Banyak pula yang mempertanyakan penyebab dari munculnya penyakit ambeien. Dan hal ini bisa dilihat dari berbagai faktor yang ada pada keseharian anda. Wasir bisa muncul karena Feses mengeras (sembelit) sehingga proses mengejan saat BAB lebih keras (kuat). Namun pemicu lain bisa pula karena terlalu banyak duduk, kurang mengkonsumsi air putih, kurang nutrisi makanan, dan bahkan bisa karena faktor keturunan. Meski ada begitu banyak terapi untuk mengobati ambeien yang salah satunya ialah dengan berobat ke dokter, tapi ada pula jenis pengobatan alternatif yang bisa anda terapkan. Apa saja obat alami untuk penderita ambeien? Simak daftar bahan yang sudah kami rangkum dibawah ini!

12 Jamu Untuk Ambeien Atau Wasir Dari Bahan Alami

#1. Lidah Buaya
Termasuk dalam saah satu bahan alami yang ampuh untuk ambeien, lidah buaya mempunyai peranan penting dalam mengempiskan bengkak yang ditimbulkan. Hal ini karena sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) serta mempunyai kesan sejuk yang mampu menenangkan dan melemaskan pembuluh darah. Terdapat pula kandungan arakuinon yang mengembalikan kekencangan dinding saluran pencernaan dan melunakkan feses yang keluar. Cara menerapkan pun terbilang sangat mudah, cukup halus daging lidah buaya (di jus) dan ditambah sedikit garam serta madu. Jika terlalu kental bisa ditambah air hangat. Selanjutnya konsumsi secara rutin.

#2. Kulit Manggis
Mempunyai rasa yang menyegarkan, buah manggis mempunyai kandungan yang cukup lengkap guna menutrisi kebutuhan tubuh. Hal ini tentunya akan sangat baik untuk sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit yang merupakan salah satu faktir penyebab dari ambeien. Namun tidak hanya pada daging buahnya saja, kulit dari manggis juga mempunyai peranan penting bagi kesehatan tubuh dikarenakan kaya akan senyawa alami yang mampu menyembuhkan penyakit. Cara penggunaan ialah dengan merebus kulit manggis kering (kulit manggis yang sudah dijemur) hingga mendidih dan meminum air rebusan tersebut. Bisa pula dengan meminum bubuk dari kulit manggis.


#3. Daun Sirsak
Saat ini sangat familiar pengobatan herbal yang menggunakan daun sirsak. Selain mempunyai antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas, ternyata daun ini juga mempunyai kemampuan yang baik untuk mengobati wasir. Jika digunakan secara teratur, maka seluruh sistem metabolisme tubuh akan berjalan stabil. Terus bagaimana cara menggunakan daun sirsak untuk ambeien? Jawabannya sangatlah sederhana. Siapkan beberapa lembar daun kemudian dicuci hingga bersih. Rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan diminum pagi dan sore atau malam hari hingga wasir anda berangsur sembuh.

#4. Bawang Putih
Bumbu dapur yang satu ini mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-mikroba yang sangat baik untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Sifat ini didapat karena adanya kandungan senyawa berupa asam amino, mineral, enzim allinase, peroksidase, dan myrosinase. Dalam hal ini bawang putih mempunyai peranan penting dalam menjga sirkulasi darah, mendetoksinasi tubuh, membunuh bakteri pada usus, dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Sedangkan untuk penggunaan ialah bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah atau dioleskan langsung pada ambeien setelah melakukan proses penghalusan terlebih dahulu.

#5. Daun Ungu (Bunga Handeuleum)
Dengan bentuk daun dan warna yang unik, daun ungu sering dijadikan tanaman hias yang ditanam pada halaman rumah. Namun tahukah anda bahwa daun ungu dahulunya sering dikonsumsi sebagai lalapan serta dijadikan sayur dengan cara dikukus. Peranan penting dari tanaman ini ialah untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga mengatasi adanya wasir pada anus. Cara membuat ramuan ialah dengan menyiapkan sekitar 7 lembar daun ungu, 1sdt bubuk adas dan 1/2 ruas pulosari. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring kemudian minum 2x sehari pagi dan sore.

#6. Cuka Apel
Meski sudah melalui proses fermentasi, cuka apel masih tergolong bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati ambeien. Cuka ini mampu mengempiskan bengkak yang terjadi pada wasir. Hal pertama ialah anda celupkan kapas pada cuka apel kemudian dioleskan pada area pembengkakan. Terapkan berulang dan secara teratur supaya sakit dan bengkak mereda. Bisa pula dicampur dengan air untuk membilas ketika BAB.

#7. Cocor Bebek
Selain lidah buaya dan daun ungu, cocok bebek merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai sifat farmakologi (pengobatan) sehingga bisa menyembuhkan penyakit. Beberapa sifat tersebut mencakup anti-inflamasi (radang) dan menghentikan adanya pendarahan yang disebabkan ambeien. Cara membuat ramuan ialah dengan menjemur daun cocor bebek hingga kering (biasanya proses lebih lama karena daun tebal dan mengandung banyak air). Selanjutnya haluskan daun cocor bebek yang sudah kering menjadi bubuk. Sedangkan untuk konsumsi ialah 3x sehari dengan menyeduh 1sdt bubuk (100cc air/ setengah gelas) dan bisa pula ditambahkan madu.

#8. Kulit Pohon Ek Putih
Mungkin sedikit terdengar asing namun tanaman herbal ini sudah digunakan sejak lama khususnya terapi pengobatan china. Kandungan senyawa alami yang kuat mempunyai fungsi yang cukup baik dalam mengobati wasir eksternal maupun internal. Sedangkan untuk penggunaan pada umumnya ialah direbus sebagai teh atau dikukus hingga mengeluarkan minyak yang kemudian dioleskan langsung pada anus. Jika diterapkan secara rutin, maka wasir anda akan berangsur sembuh.

Selain beberapa daftar jenis jamu atau ramuan herbal yang sudah kami sebutkan diatas, adapula bahan lain yang sebenarnya bisa anda gunakan. Namun dikarenakan tanaman ini terbilang jarang, jadi kami tidak merangkumnya secara detail. Sekedar mengetahui saja, obat alami lain untuk ambeien tersebut ialah : Akar Batu, Bunga Pagoda, Akar Kangkung, Urang-aring, dan lain sebagainya.


Informasi mengenai 12 Jamu Untuk Ambeien Atau Wasir Dari Bahan Alami ini hanya referensi semata. Tidak bisa menggantikan peranan dokter atau obat yang sudah disarankan oleh para ahli. Alangkah baiknya jika anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan yang lebih paham. Sekian dari kami dan semoga membantu!