8 Jamu Untuk Atasi Keputihan Pada Wanita

Jamu Untuk Atasi Keputihan sebenarnya bisa anda buat sendiri dirumah dan masih menggunakan bahan alami. Cara mengatasi keputihan secara alami ini juga mempunyai kelebihan yaitu sangat aman, nyaman, serta tidak menimbulkan adanya efek samping. Jadi dengan begitu anda akan lebih tenang serta tidak khawatir meski digunakan dalam jangka waktu relatif lama. Apa saja bahan alami untuk atas keputihan tersebut? Beikut kami sudah menyediakan rangkuman yang siapa tahu bisa berguna untuk anda.


Keputihan? Apa itu? Seperti apa dampaknya? Pada dasarnya masalah ini lumrah atau sering dialami oleh kalangan wanita. Hal ini karena kurangnya enjaga kebersihan organ serta tidak maksimalnya perawatan yang dilakukan. Dengan begitu bakteri akan lebih mudah berkembang serta menimbulkan efek yang lumayan menguras rasa percaya diri. Adapun dampak secara nyata biasanya dirasakan bau tidak sedap, gatal, lendir berlebih, serta masih banyak lagi yang lainnya.

8 Jamu Untuk Atasi Keputihan Pada Wanita

Meski terbilang sangat umum, namun bagaimana jika keputihan ini terjadi secara terus-menerus? Tentu akan menimbulkan rasa gatal dan aroma yang kurang sedap. Dan secara tidak langsung akan mengurangi rasa percara diri dikarenakan merasa tidak nyaman dan adanya rasa takut diketahui oleh orang lain. Apabila keputihan yang anda rasakan menimbulkan bau, ada baiknya jika anda segera berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut bisa jadi bahwa keputihan ayang anda alami sudah tidak normal. Sebelum anda benar-benar melakukan perawatan keputihan dengan bahan alami, ada baiknya jika anda mengenali terlebih dahulu tanda-tanda serta dampak yang disebabkan.

Adapun tanda-tanda bahwa keputihan yang anda alami tidak normal ialah :
  • Menimbulkan Rasa Gatal : Adanya bakteri yang berkembang dengan baik akan menimbulkan dampak buruk bagi organ kewanitaan. Hal ini bisa dirasakan dengan adanya gatal pada organ yang dimaksud. Pertolongan pertama yang harus dilakukan ialah dengan menjaga kebersihan.
  • Beraroma Tidak Sedap : Sama halnya dengan gatal, bakteri dan lendir pada organ kewanitaan dapat menimbulkan bau yang tidak enak. Jika anda mengalami keputihan yang normal, tentu bau tersebut seharusnya tidak ada.
  • Berwarna : Untuk kondisi normal, umumnya warna keputihan identik dengan bening atau transparan. Namun terkadang ada pula seperti putih susu. Hal ini bisa jadi tolak ukur sehingga bila mengalami keputihan dengan warna hijau pekat, kuning, dan disertai darah, maka keputihan ini sudah termasuk dalam kategori tidak normal.
  • Nyeri Ketika Kencing : Meski dapat pula dipicu oleh gangguan kesehatan lain, namun rasa nyeri yang muncul saat anda buang air kecil bisa jadi disebabkan oleh keputihan. Dan apabila ini terjadi, maka sudah sepantasnya jika anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli supaya memperoleh penanganan yang tepat. Sebab hal ini bisa menjadi tanda bahwa kuman atau bakteri yang berkembang sudah sampai pada kandung kemih anda.

Meski sudah dilakukan perawatan dan lain sebagainya, terkadang masalah keputihan masih muncul dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Dan tahukah anda bahwa keputihan bisa diatasi dengan bahan alami? Tentu sangat menarik untuk anda ketahui. Mengenai kurang lebihnya, berikut beberapa cara alami mengobati keputihan yaitu menggunakan jamu atau ramuan herbal.

8 Jamu Untuk Atasi Keputihan Pada Wanita

#1. Bawang Putih
Tak disangka bahwa salah satu bumbu dapur ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh. Tergolong dalam resep herbal yang sudah digunakan secara turun-temurun, bawang putih mempunyai kandungan zat yang bersifat sebagai anti-bakteri dan anti-jamur. Jika dikonsumsi rutin dan teratur, secara tidak langsung akan menghambat bakteri masuk dalam tubuh khususnya organ kewanitaan. Entah itu digunakan untuk bumbu atau juga dikonsumsi langsung tanpa bahan tambahan.


#2. Kunyit
Salah satu rimpang ini memang sudah sangat umum digunakan untuk komposisi jamu. Hal ini dikarenakan kunyit mempunyai zat anti-bakteri yang mampu membantu dan menghilangkan keputihan membandel pada organ kewanitaan. Cara yang perlu dilakukan ialah menyiapkan rimpang kunyit secukupnya kemudian diparut (bisa pula ditumbuk) hingga halus. Selanjutnya diperas (buang ampasnya) dan tambah sedikit air serta madu. Minum secara rutin paling tidak 2x sehari maka keputihan anda akan berangsur sembuh.

#3. Daun Sambiloto
Sangat bermanfaat dan memberi peranan penting meski sering dijadikan tanaman hias, daun sambiloto yang mempunya rasa pahit ini ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan keputihan. Cara penerapan ialah dengan menyiapkan 1 genggam daun sambiloto kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Bisa pula ditumbuk kasar sebelum direbus. Selanjutnya saring dan minum secara rutin setiap hari.

#4. Akar Bayam
Akar dari sayur yang sangat familiar ini mempunyai sifat anti-bakteri seperti layaknya bawang putih dan daun sirih. Kegunaanya ialah mencegah adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada organ kewanitaan. Cara pembuatannya pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan akar bayam secukupnya kemudian diblender sebagai jus. Minum 2x sehari dan keputihan anda pun akan teratasi.

#5. Daun Sirih
Salah satu herba atau tanaman jamu yang paling umum digunakan ialah daun sirih. Hal ini memang sudah digunakan secara turun-temurun dan bahkan untuk saat ini banyak produk kecantikan yang mengunakan ekstrak dari daun sirih. Manfaat daun sirih berperan sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang mampu menghambat pertumbuhan kuman pada organ kewanitaan. Sedangkan untuk cara penerapan bisa digunakan untuk membasuh atau diminum langsung. Rebus daun sirih secukupnya dan konsumsi secara teratur.

#6. Biji Fenugreek
Meski terdengar asing, namun biji yang berasal dari tanaman fenugreek (klabet) ini mempunyai peranan untuk meningkatkan pH pada organ kewanitaan. Cara menggunakan ialah dengan merendam 1sdm biji dengan air hangat seharian penuh. Selanjutnya saring dan minum secara rutin setiap pagi sebelum sarapan.

#7. Akar Mawar
Sangat dikenal karena bentuk bunganya yang indah, ternyata mawar menyimpan banyak rahasia bagi dunia kesehatan. Hal ini bisa didapat dari akarnya yang mampu membantu untuk mengatasi keputihan yang anda alami. Cuci bersih akar mawar dan rebus dengan air hingga mendidih. Minum secara rutin paling tidak 1x sehari.

#8. Daun Kemangi
Daun yang sering dijadikan lalapan ini mempunyai aroma yang sangat khas. Tidak hanya bisa meredam bau tidak sedap pada keputihan, namun daun ini juga akan mengurangi adanya bau badan, bau mulut serta hal lain yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri pada tubuh.

Selain dari daftar yang sudah kami sebutkan diatas, sebenarnya terdapat pula beberapa jamu yang sudah bisa anda peroleh dengan mudah. Beberapa diantaranya ialah galian singset, apusirih, serta produk-produk lain yang tentunya masih menggunakan bahan alami.


Demikianlah artikel yang bisa kami tulis mengenai 8 Jamu Untuk Atasi Keputihan Pada Wanita. Semoga bisa menjadi salah satu referensi yang memang benar-benar anda butuhkan. Perlu diingat pula bahwa semua informasi ini tidak bisa menggantikan peranan dokter. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *