15+ Manfaat Jamu Gejah Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Gejah atau yang juga dikenal dengan jamu Kunir luntas terbilang cukup banyak khususnya bagi kalangan ibu pasca melahirkan. Jika dibahas secara singkat, khasiat jamu gejah ialah untuk mengurangi bau badan serta mampu melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Nah seperti apa saja fungsi dan kegunaan jamu ini secara menyeluruh? Mungkin rincian singkat yang kami tulis dibawah ini mampu menjawab semua pertanyaan anda.


Jamu Gejah merupakan salah satu ramuan tradisional yang sudah umum digunakan untuk menjaga kesehatan wanita khususnya bagi ibu yang baru melahirkan. Khasiat utama jamu ini dipercaya bisa melancarkan produksi ASI sehingga mampu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi bagi si bayi. Nah jika dilihat dari segi komposisi, jamu ini mempunyai dua paduan bahan utama yaitu kunir (kunyit) dan juga daun beluntas. Namun bisa berbeda tergantung dengan wilayah atau resep secara turun-temurun.

15+ Manfaat Jamu Gejah Untuk Kesehatan

Dari segi masing-masing bahan yang digunakan, kesemuanya mempunyai manfaat yang cukup banyak. Adapun khasiat dari masing-masing bahan diantaranya :
  • Dirangkum dari KhasiatQ, kunyit bersifat farmakologi untuk : Mencegah kanker, mengurangi nyeri sakit perut, mengatasi radang (memar), mencegah anemia, menyembuhkan luka, mencegah kerusakan sel tubuh, mengobati masuk angin, meriang, melancarkan buang air kecil, melembabkan kulit, melancarkan saluran pernafasan (asma / sesak nafas), dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Ada sekitar 16 manfaat dari daun beluntas untuk tubuh. Beberapa diantaranya ialah : Menjaga kesehatan mata, kaya antioksidan alami, menjaga kepadatan tulang dan gigi, melancarkan sistem pencernaan, menambah selera makan, mengatasi bau badan dan mulut, menurunkan demam (antipiretik), menyembuhkan sakit tenggorokan, melancarkan ASI, melancarkan haid, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah TBC, peluruh keringat, mencegah keputihan, dan menyembuhkan beberapa penyakit seperti pegal linu, rematik, sakit pinggang dan lain sebagainya. (Baca : 16 khasiat daun beluntas bagi kesehatan)

Dengan melihat masing-masing manfaat bahan diatas, tentunya anda sudah bisa menebak sendiri apa saja khasiat yang bisa diperoleh oleh tubuh. Namun agar tidak menerka dengan salah, ada baiknya jika kami juga merangkum daftar tersebut. Berikut selengkapnya!

15+ Manfaat Jamu Gejah Untuk Kesehatan

#1. Melancarkan Produksi ASI
Manfaat ini sangat cocok bagi anda yang baru melalui proses melahirkan. Sebab dengan asupan nutrisi yang maksimal pada bayi, maka buah hati anda akan lebih sehat dan tumbuh secara optimal.


#2. Menjaga Stamina Tubuh
Dikarenakan kedua bahan mempunyai antioksidan alami yang cukup baik, maka sistem daya tahan tubuh akan lebih terjaga. Tubuh anda akan lebih kebal dan terhindar dari serangan penyakit.

#3. Melancarkan Sistem Pernafasan
Dalam hal ini anda akan sangat terbantu dalam mencegah penyakit terkait dengan saluran pernafasan. Entah itu asma (sesak nafas), sakit tenggorokan, dan lain sebagainya.

#4. Mempunyai Sifat Diuretik
Sifat ini akan sangat membantu dalam menjaga tubuh terhindar dari masalah sulitnya buang air kecil. Terkait pula untuk menjaga kesehatan ginjal dan alat reproduksi.

#5. Menjaga Kelembapan Kulit
Mempunyai kulit yang cantik merupakan dambaan setiap wanita. Tidak terkecuali juga kalangan ibu pasca melahirkan. Terkadang mereka mempunyai masalah kulit kering yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi ramuan herbal.

#6. Melancarkan Sirkulasi Darah
Sistem peredaran darah dalam tubuh perlu anda jaga supaya kinerja beberapa organ penting berjalan secara normal. Dalam hal ini jamu gejah sangat cocok untuk mencegah anemia, hipertensi dan lain sebagainya.

#7. Mengatasi Masuk Angin
Manfaat ini mencakup untuk pencegahan meriang, perut kembung, demam, dan lain-lainnya. Dengan begitu tubuh akan tetap bugar terbebas dari masalah perubahan musim.

#8. Mempunyai Sifat Anti-Inflamasi
Sifat ini akan sangat membantu dalam mengatasi masalah radang pada tubuh. Sangat baik untuk mempercepat proses pemulihan, meringankan bengkak, dan baik untuk kecantikan wajah khususnya menghilangkan jerawat.

Manfaat lain yang bisa anda peroleh ialah : Mencegah osteoporosis, menjernihkan pandangan (kesehatan mata), menjaga kesehatan pencernaan (lambung, usus, dll), menghilangkan bau badan yang tidak sedap akibat keringat, mengurangi masalah haid dan keputihan, menormalkan sirkulasi darah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara membuat jamu gejah terbilang sangatlah sederhana, cukup siapkan bahan yang diperlukan secukupnya saja. Cuci kemudian tumbuk hingga halus. Rebus dengan air hingga mendidih dan air tersebut bisa diminum secara rutin setiap hari.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 15+ Manfaat Jamu Gejah Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan menjadi salah satu tambahan informasi yang anda butuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!