Melancarkan Haid Dengan Soda?

Melancarkan Haid Dengan Soda? Pertanyaan ini masih saja muncul meski terdapat banyak informasi yang menyimpulkan bahwa hal tersebut sebenarnya tidak ada hubungannya. Jadi mulai sekarang anda harus lebih memahami hal tersebut supaya dikemudian hari tidak ada pengartian yang salah kaprah. Untuk lebih jelasnya kami mencoba untuk menyimpulkan beberapa rangkuman yang kami kutip dari sumber informasi di internet. Seperti apa dan bagaimana? Ada baiknya jika anda membaca artikel ini sampai selesai!

Melancarkan Haid Dengan Soda?

Seperti diketahui, minuman bersoda merupakan salah satu jenis air berkarbonasi namun tanpa menggunakan alk0hol. Minuman ini lumayan digemari dan bahkan banyak tersebar dengan berbagai macam produk yang berbeda. Hal ini dikarenakan minuman tersebut memberikan sensasi yang menyegarkan khususnya pada tenggorokan. Apalagi dikonsumsi dalam keadaan dingin dan ditengah terik matahari yang bersuhu panas. Yang menarik disini adalah suatu anggapan yang mendapuk minuman soda sebagai pembantu untuk melancarkan siklus haid. Namun apakah semua itu benar? Pelajari selengkapnya pada rincian berikut!

Melancarkan Haid Dengan Soda?

Dirangkum dari keterangan Dr. M.Nurhadi Rahman,SpOG (RSUP Sardjito dan RS Jogja International Hospital) menyatakan bahwa minuman bersoda dan menstruasi tidak memiliki hubungan apaun. Meski banyak juga yang berpendapat demikian, namun faktanya minuman soda tidak dapat menggugurkan kandungan. Semua hanya sugesti dan tidak memberi pengaruh apa-apa.

Dikutip dari KlikDokter.Com, Fakta dari minuman bersoda memang tidak dianjurkan pada saat sedang haip maupun menstruasi. Pada siklus normalnya menstruasi terjadi di rentang antara 21 hingga 35 hari. Sedangkan durasi normal berkisar antara 3 hingga 7 hari dengan volume darah rata-rata antara 30 hingga 40 ml. Nah jika yang anda alami diluar yang kami sebutkan, maka baru boleh disebut bahwa siklus haid anda tidak lancar.

Dari berbagai studi yang dilakukan, ada beberapa hal yang menyimpulkan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda ada yang memberi efek untuk meningkatkan volume dan durasi haid. Namun terdapat fakta lain pula yang menyebutkan bahwa air soda ini mungkin akan menambah rasa nyeri pada saat datang bulan. Hal ini bisa jadi karena terdapat kandungan kafein didalam minuman tersebut.

Membahas lebih detail terkait dengan kafein, sebenarnya kandungan ini tidka hanya terdapat pada minuman bersoda. Bahkan teh dan kopi pun mempunyai kandungan tersebut. Disini kandungan kafein dan gula lah yang dianggap sebagai penyebab utama. Dan kedua bahan ini yang mampu memperburuk adanya gejala menstruasi. Sebab kafein mampu mempersempit pembuluh darah yang termasuk pembuluh pada daerah rahim atau uterus. Jadi hal inilah yang memperberat atau menambah keluhan terkait adanya kram pertu pada saat haid.

Disisi lain kafein bisa menimbulkan adanya kecemasan, depresi, dan nyeri pada organ payud*ra khususnya pada saat haid. Jadi bisa disimpulkan bahwa bahan-bahan yang terdapat pada minuman mengandung soda akan mempengaruhi kontraksi uterus dan mekanisme hemostatik. Ada baiknya jika anda menghindari minuman bersoda pada saat haid atau menstruasi. Hal ini bertujuan supaya haid lebih lancar, serta lebih pas apabila anda menerapkan alternatif lain saja untuk melancarkan proses menstruasi tersebut.

Durasi dan volume menstruasi mungkin bisa bertambah pada saat anda mengkonsumsi minuman bersoda. Namun hal tersebut tidak berarti bahwa haid anda menjadi lebih lancar. Dikarenakan minuman ini mengandung air, gula, dan bahan-bahan kimia seperti pewarna, perasa, pemanis buatan, dan bahkan pengawet, jadi bukan hal yang dianjurkan untuk anda konsumsi ketika mengalami haid. Apabila dikonsumsi secara berlebihan bahkan bisa memicu penyakit kardiovaskular, diabetes mellitus(kencing manis), dan masih banyak yang lainnya.

Cara yang paling aman untuk anda terapkan ialah dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak, lengkapi kebutuhan kalsium, kurang asupan garam dan kafein, kompres perut dengan air hangat, perbanyak olahraga (khusus area perut), dan bahkan bisa dengan menkonsumsi cokelat lebih bisa melancarkan siklus haid anda.

Apa anda masih mau bertanya tentang Melancarkan Haid Dengan Soda? Sepertinya pertanyaan tersebut sudah terjawab dengan adanya artikel yang kami tulis ini. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!