9 Manfaat Jamu Sinom Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Sinom sudah banyak dikenal dan bahkan masih digunakan secara rutin oleh kalangan masyarakat di pedesaan. Khasiat Jamu Sinom dipercaya menyimpan banyak sekali fungsi yang diantaranya ialah untuk melancarkan saluran pencernaan, menurunkan demam, dan juga bisa mengurangi gejala berak yang disertai lendir. Maka dari itu sudah sangat tidak heran jika hingga kini jamu ini masih tetap eksis dan masih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan pengobatan herbal.

(Simak Juga : 7 Manfaat Jamu Apusirih Untuk Wanita)

Apa itu Jamu Sinom? Jamu sinom adalah ramuan yang terbuat dari irisan kunyit dan juga daun asam jawa muda yang kemudian direbus. Sebenarnya dari segi manfaat serta komposisi, jamu ini tidak banyak berbeda dibanding dengan jamu kunir asam. Yang membedakannya hanyalah pembuatan serta penggunaan bahan baku yang lebih sedikit serta sering dipadukan juga dengan gula pasir. Jika dikategorikan, jamu sinom tergolong dalam jenis jamu yang mempunyai citarasa menyegarkan, tidak pahit dan juga tidak membuat orang eneg ketika mengkonsumsinya.

9 Manfaat Jamu Sinom Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Sinom juga dipercaya sangat baik untuk kalangan ibu hamil. Namun dalam segi ini ada sedikit perdebatan karena ada yang membolehkan serta ada juga para ahli yang melarang. Oleh karena itu, ada baiknya jika ibu hamil waspada atau bahkan lebih baik menghindari agar tidak terjadi hal-hal yang yang kurang berkenan serta tidak diinginkan. Lebih baik pula jika anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau para ahli (dokter) yang ada pada lingkungan anda.

Sepintas mengenai komposisi yang dipadukan pada jamu sinom, ramuan ini mengusung paduan rimpang kunyit dan juga pucuk daun asam jawa yang masih muda. Kunyit bersifat mendinginkan yang fungsinya terbilang baik dalam mencegah demam dan juga baik untuk sistem pencernaan. Bagi anda yang ingin mengetahui secara detail tentang apa saja kegunaan serta fungsi jamu sinom, berikut selengkapnya tentang rangkuman yang sudah kami sediakan.

9 Manfaat Jamu Sinom Untuk Kesehatan

#1. Mempunyai Sifat Anti-piretik
Sifat ini sangat baik sebagai penurun demam dan juga menormalkan kembali suhu tubuh yang tinggi. Cocok bagi anda yang sedang mengalami demam dan juga sesuai untuk anak-anak karena rasanya tidak pahit.

#2. Melancarkan Sistem Pernafasan
Dalam hal ini ada kaitannya dengan sesak nafas atau asma yang anda derita. Sinom terbilang ampuh untuk melancarkan saluran pernafasan dan membuat helaan nafas anda lebih lega.

#3. Mengobati Berak Berlendir
Pada kasus ini hampir sama dengan disentri dimana gejalanya bisa anda kenali pada berak(feses / kotoran) yang bercampur dengan lendir. Kondisi ini menandakan tubuh anda sedang tidak sehat serta butuh penanganan khusus agar penyakit ini segera teratasi. Salah satu alternatif yang bisa anda ambil ialah dengan mengkonsumsi jamu sinom.

#4. Kaya Antioksidan Alami
Zat senyawa alami ini mempunyai fungsi yang cukup baik dalam menangkal radikal bebas, menguatkan sistem imun dan juga mencegah tubuh terserang penyakit. Sehingga bisa juga dikategorikan dalam menambah ketahanan tubuh sehingga tetap sehat dan tidak mudah sakit.

(Lihat Juga : 20 Manfaat Jamu Brastomolo Untuk Kesehatan)

#5. Melancarkan Produksi ASI
Bagi anda selaku kalangan ibu menyusui, ada begitu banyak jenis jamu yang bisa anda gunakan untuk melancarkan keluarnya ASI yang tidak normal. Anda bisa mencoba jamu gepyokan dan juga jamu sinom sebagai berbagai alternatif yang bisa anda ambil.

#6. Mengatasi Masuk Angin Dan Perut Kembung
Perut anda kembung, begah, atau kelebihan angin? Jika itu benar, mungkin gejala ini merupakan dampak dari masuk angin atau kesalahan dalam mengkonsumsi makanan. Jadi anda bisa memanfaatkan sinom supaya kembung atau perut anda yang begah bisa segera ditangani.

#7. Melancarkan Dan Mengurangi Nyeri Pada Saat Haid
Kalangan wanita sering saja mengeluh akan dampak yang ditimbulkan oleh menstruasi yang tidak lancar. Maka dari itu, komposisi berupa kunyit dari jamu sinom ini bisa membantu anda dalam mengatasi semua masalah tersebut. Jika dikonsumsi secara rutin, maka nyeri ataupun haid yang tidak lancar akan kembali normal. Selain itu, kunyit juga ikut andil dalam mengatasi keputihan dan segala keluhannya.

#8. Mengontrol Kadar Gula Darah
Kunyit dan daun asam jawa bisa mengurangi kandungan gula dalam darah sehingga bisa mencegah penyakit diabetes (kencing manis). Konsumsilah sinom secara rutin, maka masalah gula yang anda derita akan cepat stabil dan dalam posisi normal.

#9. Mencegah Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja. Dan disini jamu sinom mempunyai peranan yang cukup penting dalam melancarkan sirkulasi darah sehingga darah akan berjalan stabil serta normal. Selain itu, tekanan darah yang normal akan membuat kinerja jantung lebih ringan.

Bagimana Cara Mmebuat Jamu Sinom? Pertanyaan ini akan kami jawab secara singkat, padat namun bisa anda pahami dengan sempurna. Nah, yang perlu anda siapkan adalah : 1 genggam pucuk daun asam jawa yang masih muda (hijau dan segar) kemudian dipadukan dengan irisan rimpang kunyit (sekitar ukuran 2 ibu jari). Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Saring dan diminum 2x sehari tiap siang dan sore hari (bisa juga menambah sedikit garam atau gula).

(Baca Juga : 8 Manfaat Jamu Uyup-uyup Untuk Kesehatan)

Demikianlah artikel sederhana terkait 9 Manfaat Jamu Sinom Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menjawab semua pertanyaan anda dan juga bisa membantu bagi semua orang yang membutuhkan.