10 Manfaat Jamu Manjakani Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Manjakani sudah banyak digunakan oleh kalangan wanita guna menjaga elastisitas organ kewanitaan. Tidak hanya itu saja, khasiat jamu manjakani ini juga ikut andil dalam membasmi virus, serta memiliki zat antidiabetik yang sangat cocok sebagai pengontrol gula darah sehingga anda akan terbebas dari yang namanya kencing manis. Nah, pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk membahas secara singkat mengenai apa saja kegunaan serta fungsi jamu manjakani bagi kesehatan. Mari kita simak sama-sama rangkuman berikut ini!

(Baca Juga : 5 Manfaat Jamu Obaku Untuk Pria)

Manjakani (Quercus Infectoria) adalah sejenis tumbuhan herba yang termasuk dalam spesies Quercus serta memang sudah umum digunakan pada berbagai pengobatan tradisional khususnya di daratan Asia. Meski merupakan jenis pohon dengan ukuran kecil, namun pertumbuhannya hanya bisa ditemukan di kawasan Yunani dan juga sebagian Asia. Dengan ciri tanaman mencapai ketinggian 4  hingga 6 kaki, buah dari pohon ini berbentuk bulatan kecil dan berkulit sangat keras seperti cangkang.

10 Manfaat Jamu Manjakani Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Selain sebagai obat, manjakani juga bisa dipakai untuk pengental rebusan serta bahan campuran sereal guna membuat roti. Sedangkan dalam pengobatan tradisional seperti China, India, Jepang serta Indonesia, bubuk dari biji manjakani dimaksimal untuk obat sakit gigi dan mengurangi peradangan pada gusi. Jika dibahas singkat secara farmakologi, manjakani ini mempunyai zat antidiabetik, antivirus, anastesi lokal, antibakteri, antijamur, antiinflamasi, larvasida, adan antitremorin.

Apa saja kandungan pada buah manjakani? Nah, jika kami lansir dari berbagai sumber di internet, buah ini mempunyai kandungan berupa Vitamin A, Karbohidrat, Serat, Vitamin C, Protein, Zat besi, Kalsium, Acid Tanic, Antioksidan, dan juga tanin. Mungkin dari kandungan yang kaya inilah buah manjakani mempunyai jutaan manfaat yang tidak ketahui oleh kebanyakan orang.

Manfaat Jamu Manjakani Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#1. Mengontrol Gula Darah
Manfaat ini didapat karena adanya sifat antidiabetik yang bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung tubuh akan tercegah dari yang namanya diabetes mellitus (kencing manis).

#2. Menjaga Elstisitas Organ Kewanitaan
Nah bagi anda kalangan wanita khususnya, manfaat manjakani sangat membantu dalam mengembalikan kelenturan atau elastisitas organ wanita. Dengan begitu secara tidak langsung akan menjaga keharmonisan pasangan pasutri meskipun usia sudah diatas kepala tiga.

#3. Mengatasi Keputihan
Masalah keputihan tidak luput dari kaum hawa sehingga mungkin akan menimbulkan suatu efek yang kurang nyaman. Keputihan akan menyebabkan bau yang tidak sedap atau mungkin juga terasa gatal pada organ kewanitaan. Jadi untuk mengatasinya, mungkin salah satu alternatif yang bisa anda gunakan ialah jamu dari bubuk manjakani.

(Lihat Juga : Manfaat Jamu Anik Untuk Kesehatan)

#4. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Tidak sedikit dari kalangan masyarakat yang menggunakan jamu manjakani untuk merawat sistem pencernaan. Salah satunya ialah untuk mengatasi diare, mencegah sembelit serta baik untuk mengurangi efek yang ditimbulkan wasir.

#5. Mempercepat Penyembuhan Luka
Untuk mengobati luka, anda bisa mengkonsumsi atau juga dengan menapalkan langsung bubuk manjakani pada kulit yang terdapat luka. Hal ini bertujuan untuk menjadikan luka lebih cepat kering dan sembuh lebih awal.

#6. Mengobati Kista
Mungkin masih tidak umum jika penyakit kista bisa disembuhkan dengan menggunakan manjakani, namun sebagian orang juga sudah membuktikan serta merasakan sendiri hasil yang bisa diperoleh. Meski membutuhkan paduan bahan lain, namun manjakani merupakan herba utama yang bisa mengobati kista.

#7. Mengatasi Penyakit Maag
Maag merupakan salah satu penyakit yang menyerang perut dikarenakan tingginya asam lambung. Penyakit ini menimbulkan efek yang sangat mengganggu seperti mual, pening, sakit perut dan lain sebagainya. Untuk mengurangi dampak yang disebabkan, obat herbal manjakani bisa menjadi solusi yang bisa anda ambil.

#8. Memperbaiki Dan Membersihkan Rahim
Bagi kaum ibu pasca melahirkan, manjakani merupalan jamu paling tepat untuk memperbaiki dan membersihkan rahim. Tidak hanya wanita melahirkan, namun juga baik untuk ladies yang sudah melalui proses menstruasi agar darah cepat bersih.

#9. Mengurangi Selulit
Mempunyai kulit yang terlihat retak atau bergelombang mungkin akan sangat mengganggu penampilan. Apalagi letaknya pada area yang terlihat seperti lengan, betis atau leher. Tapi masalah ini bisa anda atasi jika anda rutin mengkonsumsi jamu manjakani setiap hari. Paling tidak 2x seminggu.

#10. Mencegah Penuaan Dini
Keriput dan garis halus pada wajah merupakan tanda-tanda penuaan yang sering menjadi pemicu kurangnya rasa percaya diri. Tidak hanya kalangan wanita, melainkan pria pun merasa risih ketika melihat kening sudah terdapat lipatan kecil. Konsumsi manjakani secara rutin, maka garis halus tersebut sedikit tersamarkan.

Selain dari 10 manfaat manjakani yang sudah kami sebutkan diatas, terdapat pula khasiat lanjutan seperti mencegah kanker serviks, meningkatkan hormon estrogen, mengurangi lendir berlebih pada organ kewanitaan, menstabilkan pH kulit, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

(Simak Juga : 10 Manfaat Jamu Buyung Upik Untuk Anak)

Demikianlah artikel sederhana yang bisa kami lampirkan. Semoga 10 Manfaat Jamu Manjakani Untuk Kesehatan Dan Kecantikan ini bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Sampai jumpa pada artikel kami selanjutnya... Jangan lupa dibagikan dengan teman-teman yang lain ya...! Terima kasih!