10 Manfaat Jamu Kudu Laos Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Kudu Laos memang sudah sangat familiar dan paling sering dijadikan obat herbal karena mempunyai berbagai kemampuan. Khasiat Jamu Kudu Laos dipercaya bisa menyembuhkan penyakit hipertensi, mengatasi masuk angin, menambah selera makan, melancarkan haid bagi kalangan wanita serta masih banyak lagi yang lainnya. Nah, jika anda ingin mengatetahui secara detail mengenai apa saja fungsi jamu kudu laos bagi kesehatan. Berikut ini kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat terkait dengan komposisi dan juga cara membuat jamu kudu laos.

(Simak Juga : 20 Manfaat Jamu Brastomolo Untuk Kesehatan )

Kudu Laos adalah singkatan dari paduan buah mengkudu dan juga rimpang laos (lengkuas). Dikarenakan ramuan ini sering digunakan oleh orang jawa, maka sampai saat ini jamu ini dikenal dengan sebutan kudu laos. Sedangkan untuk pengolahan,umumnya jamu ini dibuat dengan cara sederhana dan masih menggunakan bahan yang masih alami. Bagimana cara mengolah dan membuat sendiri jamu kudu laos dirumah? Mungkin rinian singkat dibawah ini bisa membantu dan memberikan jawaban dari semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

Manfaat Jamu Kudu Laos Untuk Kesehatan

Jamu kudu laos terdiri dari komposisi buah mengkudu dan juga rimpang lengkuas. Dari salah satu bahan ini saja sudah bisa diperoleh jutaan manfaat yang baik untuk tubuh. Terus bagaimana jika dipadukan? Tentunya akan memperoleh suatu ramuan yang bisa membantu memaksimalkan beberaa kinerja organ tubuh menjadi lebih normal. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat masing-masing bahan, dibawah ini kami juga sudah menyediakan rincian secara singkat, padat namun jelas.
  • Buah Mengkudu : Buah ini diperkaya oleh beberapa kandungan senyawa alami berupa Alizarin, Lycin, Sosium dan masih banyak lagi. Sedangkan manfaatnya ialah bisa membantu dalam meluruhkan saluran kemih, antioksidan alami, mencegah radang usus, sariawan, melancarkan sistem pencernaan (sembelit), Mencegah difteri, disentri, memulihkan sel-sel tubuh, mencegah kanker, menghaluskan kulit, dan juga mencegah proses penuaan dini.
  • Rimpang Lengkuas : Rimpang atau akar ini mempunyai kandungan senyawa seperti galangol, eugeno, sineol, kamfer, galangin, flavonoid, dan masih banyak lagi yang lainnya. Khasiat lengkuas meliputi pencegah perut kembung, menambah selera makan, meredakan rasa sakit (Analgesik), mencegah penyakit herpes, menyehatkan ginjal, mengobati batuk berdahak, obat herbal rematik, mengobati penyakit kulit, dan juga ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. (Source : Manfaat Lengkuas)

Dengan melihat beberapa khasiat dari masing-masing bahan diatas, tentunya anda sudah bisa menebak atau menerka sendiri apa saja yang bisa didapat jika anda mengkonsumsi jamu kudu laos ini. Namun guna menambah wawasan lebih luas dan anda tidak bingung akan pengetahuan yang lebih jelas, maka tidak ada salahnya jika kami menulis kembali beberapa daftar manfaat jamu kudu laos berikut ini.

10 Manfaat Jamu Kudu Laos Untuk Kesehatan

#1. Mengatasi Hipertensi
Penyakit yang juga dikenal dengan tekanan darah tinggi sering saja dialami oleh seseorang yang kurang memperhatikan kesehatan. Bagi anda yang menderita hipertensi, maka tidak ada salahnya jika mencoba ramuan dari kudu laos ini. Konsumsi secara rutin, maka sirkulasi atau peredaran darah anda akan kembali normal.

#2. Melancarkan Haid
Menstruasi terkadang menjadi suatu kendala yang sering dialami oleh kalangan wanita. Selain merasa was-was, terkadang gejala tidak normalnya siklus datang bulan ini menimbulkan perasaan yang tidak nyaman, menyebabkan rasa nyeri dan lain sebagainya. Maka dari itu, kudu laos memberikan solusi terbaik bagi anda. Selain aman, nyaman dan juga tanpa efek samping.

(Lihat Juga : 8 Manfaat Jamu Uyup-Uyup Untuk Kesehatan)

#3. Menyehatkan Lambung
Lambung pada tubuh bisa saja mengalami begah, kembung karena masuk angin, radang dan juga lain sebagainya. Jika anda mengkonsumsi jamu kudu laos, maka lambung akan terasa nyaman dan terhindar dari segala gangguan kesehatan.

#4. Menghangatkan Badan
Salah satu dampak dari masuk angin terkadang menyebabkan tubuh merasa kedinginan (menggigil). Nah, komposisi jamu kudu laos akan memberikan kesan hangat sama halnya dengan meminum jamu wedang jahe. Komposisi secara rutin, maka tubuh tubuh anda tidak akan pernah menggigil.

#5. Menambah Selera Makan
Jika anda baru pulih dari sakit, meminum jamu kudu laos sangat cocok bagi anda untuk mengembalikan selera makan yang sempat hilang. Kandungan senyawa lengkuas dan buah mengkudu keduanya sangat ampuh untuk menormalkan kembali metabolisme dan kesehatan tubuh menjadi maksimal.

#6. Meringankan Gejala Batuk
Sifat hangat pada lengkuas bisa meredakan batuk yang disertai dahak. Selain itu laos juga sangat cocok untuk melegakan tenggorokan, melancarkan saluran nafas (mengobati asma) dan juga baik untuk mencegah radang pada hidung dan tenggorokan.

#7. Meredakan Rasa Sakit
Kudu laos mempunyai sifat analgesik yang bisa mengurangi dampak nyeri yang disebabkan oleh penyakit seperti bengkak, rematik, sakit gigi dan hal-hal lain yang masih terkait. Jika anda meminum jamu kudulaos, maka rasa sakit yang ditimbulkan bisa dikurangi.

#8. Meluruhkan Kencing
Bagi anda yang mengalami kencing tidak lancar, jamu kudu laos mempunyai sifat diuretik yang bisa meluruhkan saluran kencing. Selain itu, jamu ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal, mencegah kencing batu (batu ginjal), dll.

#9. Melancarkan Sistem Pencernaan
Anda sedang mengalami sembelit? Sudah pas jika anda mencoba memaksimalkan fungsi dari jamu kudu laos ini. Selain melancarkan BAB, jamu ini juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan seperti lambung, usus, dan lain-lainnya.

#10. Sumber Antioksidan
Zat senyawa ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan juga memperbaiki ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit (menguatkan sistem imun). Beberapa manfaatnya ialah membuat tubuh lebih kebal terhadap kuman serta bisa mencegah pertumbuhan sel tumur dan kanker dalam tubuh.

Bagaimana Cara Mengolah dan Membuat jamu kudu laos? Jika diambil dari nama, bahan yang digunakan ialah buah mengkudu dan juga rimpang lengkuas. Namun sebagian masyarakat dipedesaan juga menambah paduan asam kawak (asam jawa) sebagai pelengkap dan menambah cita rasa agar lebih menyegarkan. Sedangkan untuk cara pembuatan, mungkin resep sederhana dibawah ini bisa membantu anda tahap demi tahap.

Cara Membuat Jamu Kudu Laos

  1. Siapkan Air rebusan yang masih hangat secukupnya (bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda).
  2. Siapkan semua bahan yang sudah kami sebutkan diatas kemudian ditumbuk kasar.
  3. Campur dengan air hangat yang sudah di didihkan terlebih dahulu kemudian aduk hingga semua bahan larut dan tercampur rata.
  4. Remas dan saring pada wadah dan tunggu hingga dingin.
  5. Bisa juga ditambah gula dan garam dapur secukupnya.
  6. Dan jamu kudu laos anda siap dikonsumsi.

Jamu merupakan obat alternatif yang bisa anda temukan hingga saat ini serta masih dilestarikan oleh sebagian masyarakat sebagai salah satu pengobatan yang boleh dibilang sederhana namun ampuh. Selain harga yang relatif murah, jamu tradisional juga mempunyai kemampuan yang tidak kalah dengan obat-obatan kimia yang sudah banyak beredar saat ini. Jadi, bagi anda yang mempunyai dana minim, mungkin solusi terbaik yang bisa anda ambil ialah jamu kudu laos ini.

(Baca Juga : 9 Manfaat Jamu Sinom Untuk Kesehatan)

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami tulis mengenai 10 Manfaat Jamu Kudu Laos Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda khususnya yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya!