Resep Jamu Temulawak Untuk Anak

Resep Jamu Temulawak Untuk Anak ini mungkin sudah anda ketahui dikarenakan ramuan ini sudah digunakan secara turun-temurun dan merupakan cara alternatif yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan dengan selera makan anak. Nah, bagi anda yang masih belum paham, mungkin informasi sederhana yang akan kami bagikan kali ini akan sangat membantu. Seperti halnya mengetahui apa itu temulawa, kandungan senyawa alami, dan juga resep atau racikan khusus jamu temulawak untuk anak. Simak sampai selesai ya!

Resep Jamu Temulawak Untuk Anak

Seperti yang sudah umum diketahui, temulawak merupakan sejenis rimpang yang umum digunakan untuk jamu atau minuman sehat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya bagi kalangan dewasa saja, melainkan ramuan ini juga cocok bagi kalangan anak yang mempunyai masalah dengan selera makan. Namun tidak berhenti disitu saja, melainkan masih banyak lagi jutaan mafaat yang nantinya menjadikan tubuh anak anda menjadi lebih sehat. Jika anda penasaran, mungkin ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu mengenai kandungan, manfaat dan juga cara meracik jamu temulawak untuk anak.

Pada postingan sebelumnya kami sudah memposting tentang bagaimana cara mengolah temulawak yang baik dan benar. Disitu kami merangkum adanya kandungan dan juga tata cara mengolah supaya hasil yang anda peroleh lebih maksimal. Dan dari beberapa kandungan tersebut mencakup Pati, arang, protin, kurkumin, serat, minyak atsiri, tumerol, dan juga phelandren. Dari senyawa alami inilah yang nantinya memberikan manfaat begitu banyak bagi tubuh khususnya anak anda. Lebih singkatnya silahkan lihat daftar berikut!

Manfaat Temulawak Bagi Anak

  1. Menjaga daya tahan tubuh sehingga sistem imun tetap kuat dan menjadikan anak tidak mudah sakit. Dengan kata lain tubuh anak anda akan lebih kebal dari serangan penyakit.
  2. Menjaga stamina tubuh dan mengembalikan kebugaran sehingga anak anda akan lebih fresh dan lebih aktif untuk bergerak. Intinya tumbuh kembang anak anda akan lebih optimal.
  3. Melancarkan proses pencernaan sehingga penyerapan sari makanan yang dionsumsi berjalan normal.
  4. Mendukung perkembangan sistem otak dan syaraf pada anak sehingga sangat bagus dan membantu anak anda menjadi lebih cerdas.
  5. Memulihkan tenaga lebih cepat dan membantu proses pemulihan pasca sakit bagi tubuh anak anda yang lemas.
  6. Membersihkan racun dalam tubuh yang cukup membantu dalam pembuangan toksin melalui keringat dan sistem pencernaan.
  7. Baik untuk menjaga kesehatan ginjal anak apabila dikonsumsi secara rutin dan dengan porsi yang sesuai.

Bagaimana cara membuat jamu temulawak untuk anak? Untuk menjawab pertanyaan ini kami mencari beberapa referensi yang memang bisa dipercaya. Bahkan kami juga sudah melakukan survey dari para penjual jamu sehingga mungkin hasil yang nantinya diperoleh bisa lebih maksimal. Adapun resep-resep sederhana tersebut ialah :

Resep Jamu Temulawak Untuk Anak

1. Resep Jamu Temulawak Untuk Menambah Selera Makan Anak
Resep ini terbilang sangat sederhana dan bisa anda buat sendiri dirumah. Dengan paduan bahan 1 ruas rimpang temulawak (ukuran 2 ibu jari) dan 1sdt madu murni. Untuk cara membuatnya ialah :
  • Pertama anda harus membakar temulawak hingga getahnya hilang atau kulit sedikit berubah warna menjadi kehitaman.
  • Cuci dan parut temulawak yang kemudian diberi 1/2 air matang hangat.
  • Peras dan saring airnya, tambah madu dan aduk hingga rata.
  • Berikan jamu tersebut pada anak anda.
2. Racikan Temulawak Untuk Stamina Anak
Meski hampir sama dari segi pembuatan, namun bahan yang digunakan ialah rimpang temulawak dan sedikit gula aren. Ramuan ini mungkin akan lebih disukai karena mempunyai rasa yang manis dan juga harum. Cara membuatnya ialah :
  • Bakar dan parut temulawak yang sudah dicuci bersih.
  • Tambahkan sedikit air (200cc) atau setara dengan 1 gelas.
  • Rebus hingga mendidih sembari dimasukkan juga gula aren dan sedikit garam.
  • Angkat dan peras airnya (pisahkan dari ampas).
  • Berikan pada anak 2x sehari sampai sembuh.
Sebenarnya meski tanpa bahan campuran pun ramuan temulawak bisa diberikan langsung pada anak anda. Asal mereka mau dan bisa meminum pahit yang ditimbulkan oleh rimpang tersebut. Jadi bahan dasarnya ialah temulawak dan bisa dipadukan dengan bahan lain sesuai dengan kesukaan anak anda.

Cukup sekian postingan mengenai Resep Jamu Temulawak Untuk Anak. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menjadi salah satu referensi yang anda butuhkan. Tapi alangkah baiknya jika anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!