Waw, Dibaca Yuk Apa Saja Perubahan Saat Usia Kehamilan 5 Bulan

Yang harus Anda ketahui bahwasannya perubahan saat usia kehamilan 5 bulan ini ada banyak. Sehingga perubahan yang dialami ini terkadang sering membuat ibu hamil senang juga cemas. Namun perubahan tersebut adalah hal yang wajar dialami oleh setiap wanita yang sedang hamil. Oleh karena itulah Anda jangan cemas dan panik selagi tidak menunjukkan tanda-tanda yang membahayakan. Pasalnya, perubahan ibu hamil saat usia kandungannya mencapai 5 bulan bukan hanya fisik namun juga terjadi pada mentalnya. Lalu, apa saja perubahan yang akan terjadi saat usia kehamilan 5 bulan ini? Simak ulasan berikut ini.

Waw, Dibaca Yuk Apa Saja Perubahan Saat Usia Kehamilan 5 Bulan


Baby bump lebih jelas

 Adapun perubahan fisik saat usia kehamilan 5 bulan adalah baby bump tampak lebih jelas. Maksudnya yaitu perubahan yang terjadi pada perut semakin tambah buncit. Perubahan yang seperti ini adalah hal wajar karena bertambahnya usia kandungan. Sehingga Anda jangan cemas dan khawatir saat mengalami perubahan tersebut. Hal ini wajar dialami semua ibu hamil ketika usia kehamilannya 5 bulan. Kerana bayi yang ada dirahimnya mengalami perkembangan tambah besar sehingga perut pun semakin tampak buncit.

Sering buang air kecil

Selain itu perubahan saat usia kehamilan 5 bulan ialah sering mengalami buang air kecil. Mengapa hal ini terjadi? Penyebabnya karena ginjal Anda tertekan oleh bayi. Sehingga timbul rasa ingin buang air kecil yang terus menerus. Meskipun Anda sudah buang air kecil beberapa menit yang lalu. Karena seringnya melakukan buang air kecil maka Anda disarankan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Mencukupi cairan tubuh pada ibu hamil bisa dilakukan dengan konsumsi air putih. Dengan begitu walaupun Anda sering buang air kecil namun kebutuhan cairannya tercukupi dengan baik.

Baca juga: 37 Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Gerakan bayi lebih kuat

Sedangkan perubahan saat usia kehamilan 5 bulan yang lainnya bisa Anda rasakan yaitu bayi melakukan gerakan lebih kuat. Karena pada saat tersebut bayi Anda sudah mulai aktif. Dengan perubahan tersebut Anda akan merasakan gerakan bayi didalam kandungan. Terkadang ketika Anda sedang duduk santai akan merasakan seperti ditendang. Kejadian tersebut menunjukkan bahwa bayi yang ada didalam kandungan sedang bergerak.

Itulah beberapa perubahan saat usia kehamilan 5 bulan yang akan Anda alami. Sebenarnya masih banyak perubahan-perubahan lainnya. Semoga sedikit ulasan tadi yang kami informasikan bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.