27 Manfaat Jamu Cabe Puyang Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Cabe Puyang belakangan ini semakin populer dikarenakan mempunyai fungsi yang cukup baik dalam menjaga kesehatan tubuh secara maksimal. Beberapa khasiat jamu cabe puyang tersebut diantaranya ialah untuk mencegah masuk angin (dikarenakan bisa mneghangatkan tubuh), mencegah kanker, melancarkan sistem pencernaan, menjaga selera makan tetap stabil dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran akan segala hal yang berkaitan dengan jamu cabe puyang, mungkin postingan yang akan kami tulis kali ini bisa membantu dalam menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Yuk lanjut saja membacanya!

(Simak Juga : 7 Manfaat Jamu Haiping Serbuk Untuk Kecantikan)

Cabe puyang merupakan salah satu biji atau buah dari tanaman yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Jika diamati secara sepintas, tanaman ini hampir menyerupai daun sirih namun perawakan atau bentuk dari tumbuhan lebih pendek dan bergerombol. Dan untuk melihat biji yang sudah kering, mungkin lampiran gambar dibawah ini bisa memberikan anda referensi. Yuk simak lebh lanjut.

27 Manfaat Jamu Cabe Puyang Untuk Kesehatan

Bahan dasar dari pembuatan jamu lempuyang ialah biji cabe puyang yang mempunyai cita rasa pedas. Namun guna memaksimalkan fungsi yang bisa anda peroleh, biasanya jamu ini juga diracik bersamaan dengan paduan bahan lain diantaranya : kunyit, temulawak, adas, dan juga kayu manis. Nah, yang menjadi pertanyaan utama pada artikel ini adalah : Apa saja khasiat dari jamu cabe puyang? Baca rincian dibawah ini agar anda tidak kebingungan lagi.

27 Manfaat Jamu Cabe Puyang Untuk Kesehatan

#1. Meningkatkan Selera Makan
Nah bagi anda yang sedang dalam masa pemulihan atau sedang mengalami penurunan selera makan, maka jamu cabe puyang mungkin akan sangat cocok untuk menormalkan kembali selera makan anda yang hilang. Jika dikonsumsi secara teratur, maka tidak mustahil jika selera makan anda akan terjaga serta manfaat ini tidak hanya baik untuk kalangan dewasa, melainkan juga cocok untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

#2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Jamu cabe puyang mempunyai peranan yang cukup penting dalam menjaga kesehatan organ khususnya yang berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk dalam tubuh. Tidak hanya bisa menambah selera makan, namun makanan yang anda konsumsi juga akan dicerna dengan baik sehingga penyerapan sari makanan akan lebih maksimal. Terkait juga untuk melakukan pencegahan pada penyakit diare, sembelit dan juga disentri.

#3. Menghilangkan Rasa Capek
Bagi anda yang mempunyai aktifitas harian yang lumayan berat, tidak menutup kemungkinan bahwa tenaga terkuras sehingga menjadikan tubuh merasa sangat lelah atau capek. Dengan stamina yang seperti itu, maka mungkin anda akan merasa malas untuk menjalani kembali aktifitas kerja anda keesokan harinya. Terus bagaimana agar stamina kembali di dongkrak? Jamu cabe puyang ini sangat baik dalam mengembalikan stamina tubuh sehingga perasaan capek dan jenuh anda akan hilang.

#4. Menjaga Kesehatan Kulit
Meski kurang bergitu diperhatikan, tidak sedikit orang yang belum tahu bahwa jamu cabe puyang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini akan anda rasakan dengan kembalinya elastisitas dan kekenyalan kulit sehingga bisa terlihat lebih awet muda dan terhindar dari datangnya tanda-tanda penuaan. Selain merawat kulit agar tetap elastis, jamu cabe puyang juga sangat baik dalam mencerahkan dan menjaga kulit anda lebih cantik secara alami.

#5. Bersifat Anti-piretik
Bagi anda yang belum paham akan anti-piretik, jamu cabe puyang mempunyai peranan bagi tubuh yang erat kaitannya dengan penurunan panas atau demam. Tidak hanya bagi kalangan dewasa, namun anak-anakpun bisa mengkonsumsi jamu ini agar demam cepat mereda. Setinggi apapun demam yang anda derita, maka sedikit banyak akan berangsur turun dan suhu tubuh akan kembali stabil.

#6. Mencegah Sel Kanker
Penyakit yang satu ini merupakan salah satu jenis yang paling ditakuti oleh semua orang. Kanker penyakit berbahaya yang imbasnya bisa juga menyebabkan kematian bagi si penderita. Ada begitu banyak jenis kanker yang bisa menyerang tubuh manusia. Jadi sekedar untuk pencegahan dan menghambat laju pertumbuhan sel kanker dan juga tumor dalam tubuh, mungkin jamu cabe puyang ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik bagi anda.

#7. Meringankan Nyeri Sakit Gigi
Tidak sedikit pula kalangan masyarakat yang mempunyai keluhan akan sakit gigi. Hal tersebut karena kurangnya kesadaran untuk mneyikat atau membersihkan gigi secara rutin. Dengan begitu kuman lebih mudah bersarang serta menjadikan gigi anda berlubang. Disini jamu cabe puyang mempunyai fungsi untuk meringankan nyeri serta membunuh kuman yang membuat gigi anda sakit.

#8. Meringankan Gejala Rematik
Rematik bisa menyerang siapa saja dan umumnya menyerang kalangan orang yang sudah berusia lanjut. Rematik ini bisa menyebabkan kelumpuhan bila tidak segera ditangani. Nah, sebagai salah satu alternatif terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rematik ialah jamu cabe puyang.

#9. Mengatasi Nyeri Otot
Sama halnya dengan stamina yang menurun, otot bisa kaku karena aktifitas berat yang anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dikarenakan sifat hangat pada jamu cabe lempuyang, maka ototnya anda akan kembali rileks meski tidak melakukan pemijatan atau pemberian balsem. Berminat mencoba? Maka nyeri pada otot anda akan cepat hilang.

(Lihat Juga : 7 Manfaat Jamu Hermuno Intoxic)

#10. Mengeluarkan Angin Dalam Tubuh
Tubuh menyimpan angin pada lambung dan juga usus. Hal ini karena jenis makanan yang anda konsumsi sehingga asam lambunglah yang mengontrol adanya angin berlebih tersebut. Jika perut anda kembung, maka banyak kemungkinan juga anda akan sakit perut, sering sendawa dan lain sebagainya. Nah, bagaimana cara mengatasi masuk angin tersebut? Mungkin jamu cabe puyang bisa menjawab pertanyaan anda.

#11. Menghentikan Diare
Diatas kami sudah menjelaskan bahwa jamu cabe puyang mempunyai peranan yang penting dalam melancarkan saluran pencernaan. Tidak terkecuali juga dengan jenis penyakit yang terkait dengan diare. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satunya ialah dari jenis makanan yang anda konsumsi. Diare membuat tubuh terasa lemas, feses encer dan lain sebagainya. Guna menghentikan diare secara herbal, anda bisa menggunakan daun jambu biji atau juga dengan olahan jamu cabe puyang.

#12. Mengobati Disentri
Disentri merupakan gejala pada sistem pencernaan yang membuat feses anda keluar bercampur lendir atau juga bercak darah. Disentri tidak sama dengan diare karena efeknya ialah feses mengeras dan terkadang dibarengi dengan sembelit. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah konsumsi jamu cabe puyang dan usahakan rutin hingga penyakit anda sembuh.

#13. Menjaga Metabolisme Tubuh Tetap Stabil
Metabolisme ini mecakup keseluruhan kinerja organ pada tubuh anda. Entah itu dari sistem pencernaan, pernafasan dan lain sebagainya. Jika metabolisme tubuh anda berjalan normal, maka kemungkinan kecil tubuh anda akan terserang penyakit.

#14. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Jamu cabe puyang cukup membantu dalam menjaga dan mengontrol berat badan anda tetap stabil. Dalam hal ini olahan jamu herbal dari cabe puyang juga ikut andil dalam mencegah obesitas (kelebihan berat badan), menjaga tubuh tetap langsing, mengecilkan perut buncit dan lain sebagainya. Dengan jamu cabe puyang tubuh anda akan tetap cantik, padat, dan lebih sempurna dari biasanya.

#15. Menjaga Kelembapan Kulit
Sebenarnya masalah yang satu ini terkait dengan kesehatan kulit yang sudah kami sadur pada khasiat jamu cabe puyang diatas. Sebab dengan anda mengkonsumsi jamu cabe puyang, maka kulit anda akan lebih lembab dan tidak kering. Pastinya anda juga sadar bahwa kulit kering akan lebih mudah mengelupas dan juga membuat tubuh lebih mudah muncul garis halus atau tanda penuaan.

#16. Merigankan Pegal Linu
Terkait dengan aktifitas harian, pegal linu merupakan dampak dari capeknya tubuh dalam menjalani kerja berat. Pegal linu bisa dirasakan pada bagian punggung yang dampaknya akan membuat tubuh terasa kaku dan sakit ketika digerakkan. Untuk membuat tubuh terhindar dari pegal linu, solusi sederhana yang bisa anda ambil ialah dengan mengkonsumsi jamu cabe puyang.

#17. Melancarkan Sistem Pernafasan
Jamu cabe puyang juga sangat baik dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan saluran nafas. Baik untuk mencegah asma (sesak nafas) dan juga membuat tarikan nafas anda lebih ringan. Jika nafas anda berjalan normal, maka kinerja organ lain seperti jantung akan lebih stabil.

#18. Menghilangkan Gejala Sering Kesemutan
Kesemutan merupakan salah satu gejala tidak lancarnya aliran darah pada organ tertentu. Biasanya hal ini terjadi jika anda terlalu lama berdiam dala posisi tertentu sehingga membuat aliran darah pada kaki atau tangan akan terganggu. Kesemuatan membuat orang kehilangan daya untuk mengontrol bagian tubuh tertentu sehingga membutuhkan waktu sejenak untuk semuanya kembali normal. Nah, jamu cabe puyang bisa dijadikan terapi herbal yang bisa menghilangkan kebiasaan kesemutan anda.

#19. Mencegah Anemia
Anemia atau kurang darah akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Gejala umum yang ditimbulkan biasanya tubuh akan lebih lemas, mudah capek, sering pusing, kesemutan, pucat dan lain sebagainya. Solusi sederhana bisa anda mulai dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung zat besi atau juga meminum jamu cabe puyang agar anemia anda cepat sembuh.

#20. Mencegah Hipertensi
Tekanan darah tinggi sering terjadi pada siapa saja khususnya yang memang sudah mempunyai faktor genetik. Hal ini terjadi karena saluran darah tidak lancar dan meningkatkan kinerja jantung yang pada akhirnya membuat emosi cepat naik. Nah, jamu cabe puyang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dimana bisa juga dikaitkan dengan pencegahan hipertensi.

Selain dari 20 daftar manfaat jamu cabe puyang yang sudah kami sebutkan diatas, terdapat pula khasiat lain yang diantaranya ialah untuk membersihkan janin (bayi) dan juga rahim bagi ibu hamil serta pasca melahirkan, meringankan gejala flu, mengatasi penyakit yang terkait dengan bronkitis, mengobati beri-beri, meringankan kejang (kaku) pada perut, dan juga mengatasi berbagai permasahan terkait denga kesehatan lambung.

(Baca Juga : 9 Manfaat Jamu Cap Becak Untuk Kesehatan)

Demikianlah artikel sederhana mengenai 27 Manfaat Jamu Cabe Puyang Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Atau bisa cek juga artikel kami yang lain agar pengetahuan anda mengenai jamu lebih maksimal. Terima kasih!