19 Manfaat Jamu Kunci Suruh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jamu Kunci Suruh memang sudah dikenal dan banyak digunakan sebagai ramuan herbal yang sangat cocok untuk merawat kecantikan khususnya dalam menghilangkan bau badan serta menjaga tubuh tetap langsing. Namun tidak hanya itu saja, masih banyak Khasiat Jamu Kunci Sirih lain yang tentunya akan kami bahas secara singkat, padat namun juga mudah di mengerti. Untuk lebih singkatnya, mari kita langsung saja simak rangkuman dibawah ini. Beberapa sumber atau referensi kami dapat dari internet dan kami kutip dari sumber terpercaya sehingga kemungkinan besar hasil yang nantinya anda dapat sudah bisa ditebak.

(Simak Juga : 7 Manfaat Jamu Asih Kinasih Untuk Kecantikan)

Jamu Kunci Suruh adalah ramuan tradisional jawa yang mempunyai bahan dasar daun sirih dan juga temu kunci. Kedua racikan ini memang sudah terbukti memberikan hasil khususnya bagi kalangan wanita yang ingin selalu tampil cantik, awet muda dan mempunyai bau badan yang harum secara alami. Untuk membuat jamu kunci sirih, anda bisa juga memadukan bahan-bahan lain sebagai pelengkap agar hasil yang anda dapat bisa lebih maksimal. Dengan begitu, agar pengetahuan anda lebih luas ada baiknya jika membaca artikel ini hingga selesai.

19 Manfaat Jamu Kunci Suruh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kebanyakan jamu kunci suruh ini dimanfaatkan oleh kalangan wanita khususnya ibu-ibu yang memahami akan pentingnya merawat kecantikan. Sebab jamu kunci sirih dipercaya bisa mengatasi berbagai keluhan seperti keputihan (fluor albus), merapatkan kembali organ kewanitaan, mengecilkan perut buncit, menghilangkan bau badan, serta dipercaya juga bisa menguatkan tulang dan gigi. Jadi sangat tidak heran jika hingga saat ini jamu tersebut masih umum dan dilestarikan sebagai minuman sehat dengan jutaan manfaat bagi tubuh.

Sebagai jamu tradisional dan alternatif alami yang bisa diambil untuk merawat kesehatan serta kecantikan, banyak penjaja jamu (penjual jamu keliling) yang hingga saat ini memasukkan jamu kunci suruh sebagai salah satu daftar jamu yang dijual. Selain harga yang relatif murah jika dilihat dari racikan bahan, jamu ini juga dibilang sangat aman karena berbahan dasar dari alam serta pembuatannya masih dengan cara tradisional. Nah, yang menjadi sumber pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat jamu kunci suruh untuk kecantikan? Berikut lampiran jawaban yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber di internet.

Manfaat dari bahan dasar seperti rimpang kunci dan daun sirih :
  • Daun Sirih : Mempunyai kandungan berupa minyak atsiri, kavikol, zat samak, dan pati yang mempunyai kemampuan untuk mengatasi keputihan, mempercepat penyembuhan luka serta bisa meringankan gejala penyakit sesak nafas (asma).
  • Temu Kunci : Mengandung metil sinamat, flavonoid, damar, alipinetin, dan pati yang berkemampuan untuk mengembalikan stamina tubuh, mengatasi penyakit lambung, dan baik untuk mencegah kanker.

Manfaat diatas hanya kami ambil dari dua bahan sebagai penopang utama pembuatan jamu kunci suruh, beda lagi jika anda memasukkan bahan lain seperti buah pinang, manjakani, daun beluntas, dan kayu manis. Namun apa saja manfaat keseluruhan dari jamu kunci sirih? Berikut selengkapnya!

19 Manfaat Jamu Kunci Suruh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#1. Mengatasi Keputihan
Tidak sedikit dari kalangan wanita yang mengalami keluhan yang satu ini. Keputihan menjadi suatu yang umum dan sering terjadi jika anda selaku ibu-ibu kurang memperhatikan kebersihan serta kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jadi, untuk menghindari adanya bakteri penyebab keputihan tersebut, mungkin jamu kunci sirih bisa menjadi salah satu solusi bagi anda.

#2.Merapatkan Kembali Organ Kewanitaan
Bagi ibu-ibu yang sudah melahirkan, mungkin tingkat kerapatan organ kewanitaan akan sangat berkurang. Jika hal ini dibiarkan berlanjut, maka ada kemungkinan bahwa keharmonisan rumah tangga anda akan berkurang. Guna mensiasati dan memperbaiki organ intim anda yang longgar, ada baiknya jika anda mencoba minum jamu kunci sirih agar organ kewanitaan anda kembali rapat.

#3. Mengurangi Bau Mulut Dan Bau Badan
Bau mulut ataupun bau badan disebabkan oleh baktei sehingga aroma yang ditimbulkan kurang sedap. Bakteri tersebut bisa karena sisa makanan pada gigi atau juga keringat pada tubuh. Agar keringat dan bau tersebut berkurang, maka silahkan coba konsumsi jamu kunci suruh ini.

#4. Mengurangi Nyeri Saat Haid
Nyeri atau sakit pada waktu menstruasi sudah sangat umum dan bisa dirasakan oleh semua orang. Hal tersebut terjadi biasanya dikarenakan keluarnya darah tidak secara normal (tidak lancar). Nah, bagi anda yang mengalami keluhan tersebut, mungkin solusi sederhana yang bisa anda ambil ialah dengan mengkonsumsi jamu ini secara rutin.

#5. Menjaga Stamina Tubuh
Ada kalanya tubuh merasa capek dan jenuh akan semua kegiatan (kerja) dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena bosan dan tubuh terasa sangat lelah tersebut, mungkin stamina tubuh akan menurun dan menjadikan anda malas untuk bekerja di keesokan hari. Bagaimana cara mengembalikan stamina agar tetap kuat? Tentunya anda bisa menggunakan bantuan suplemen dan juga mengkonsumsi jamu kunci sirih sebagai alternatif.

#6. Melancarkan Keluarnya Keringat
Kunci sirih mempunyai peranan penting bagi tubuh khususnya sebagai peluruh keringat. Dalam hal ini juga bisa diambil kesimpulan bahwa jamu ini bisa mencegah meriang (masuk angin) dan juga mencegah tubuh dari berbagai masalah terkait. Selain itu, tubuh akan lebih mudah berkeringat serta mencegah tubuh tidak mudah sakit.

#7. Melancarkan Produksi ASI
Bagi kalangan ibu yang sedang menyusui, jamu kunci sirih mungkin bisa anda jadikan salah satu acuan untuk memperlancar produksi ASI. Manfaat ini bisa anda dapat karena bahan yang digunakan sudah sangat aman apalagi jika anda menambah daun beluntas sebagai pelengkap jamu yang dimaksud.

(Lihat Juga : 8 Manfaat Jamu Darial Untuk Kesehatan)

#8. Mencegah Penyakit Kanker
Kunci Suruh mempunyai sifat anti-kanker yang fungsinya cukup baik untuk mencegah serta menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga tumor menjalar dalam tubuh. Dalam hal ini tubuh anda akan lebih kuat serta terhindar dari serangan penyakit yang terbilang cukup menakutkan tersebut.

#9. Melancarkan Saluran Kemih
Bagi anda yang mempunyai masalah kesulitan kencing, jamu kunci sirih bisa anda coba untuk mengatasi masalah anda. Sebab jamu ini mempunyai sifat diuretik yang kemampuannya sangat baik dalam menormalkan kebali saluran kemih anda.

#10. Mengatasi Begah Atau Kembung
Kembung atau begah merupakan masalah yang sering dikaitkan dengan masuk angin. Hal ini bisa anda rasakan sendiri jika angin pada lambung tidak bisa dikeluarkan. Nah, agar perut anda nyaman dan terhindar dari begah, mungkin salah satu solusinya ialah mengkonsumsi jamu ini.

#11. Mengurangi Nyeri Sakit Gigi
Sifat anti-bakteri yang terdapat pada daun sirih bisa membunuh dan juga membersihkan bakteri selaku penyebab dari sakit gigi tersebut. Jadi secara perlahan sakit gigi anda akan sembuh dan yang paling penting ialah bisa menghilangkan atau meredam rasa sakit yang ditimbulkan.

#12. Mengatasi Eksim Kulit
Eksim merupakan bercak atau bintik merah yang terdapat pada bagian kulit luar tubuh. Eksim juga bisa berdampak ruam (bengkak) dan pemicunya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Nah, untuk pengobatan dari dalam, anda bisa memanfaatkan jamu tradisional kunci sirih.

#13. Mengobati Gatal-Gatal
Hal ini hampir serupa dengan sakit gigi (mempunyai anti-bakteri dan anti-mikroba), dan juga sering bersamaan dengan adanya eksim. Gatal-gatal pada kulit bisa dikatakan sangat mengganggu sehingga membutuhkan penangan khusus agar cepat terobati. Dan salah satu komposisi dari jamu ini bisa menyembuhkan gatal tersebut.

#14. Menghentikan Mimisan
Gejala ini merupakan pendarahan yang sering terjadi pada hidung. Sedangkan salah satu penyebabnya ialah pusing dan butuh cara khusus untuk menghentikannya. Pengobatan luar bisa dengan menyumbatkan daun sirih serta mengkonsumsi jamu kunci suruh untuk pengobatan dari dalam.

#15. Menjaga Kesehatan Mata
Bagi anda yang mempunyai keluhan kesehatan terkait dengan indera penglihatan, mungkin jamu ini bisa jadi solusi tepat untuk mengatasi masalah anda. Sebab jamu ini dipercaya bisa menjernihkan pandangan, mencegah rabun, katarak dan lain sebagainya.

#16. Menyembuhkan Demam Berdarah (DBD)
Penyakit ini umumnya disebabkan oleh gigitan nyamuk yang kemudian akan menimbulkan demam serta bintik merah pada kulit. Untuk langkah awal penanganan ada baiknya jika segera dirujuk ke dokter serta menerapkan pengobatan alami dengan jamu kunci sirih.

#17. Meringankan Asma
Asma atau sesak nafas sering terjadi pada orang yang perokok, atau karena alergi terhadap debu. Namun bisa juga karena dampak lain yang pada akhirnya membuat anda kesulitan untuk bernafas. Sebagai terapi herbal yang baik, jamu kunci sirih bisa jadi alternatif sederhana yang bisa anda terapkan. Jika dikonsumsi secara rutin, saluran nafas anda akan kembali normal seperti sedia kala.

#18. Mengobati Batuk
Jika kami baca dari beberapa sumber di internet dan media umum lainnya, batuk sering dibedakan dengan jenis kering dan berdahak. Tapi disini jamu kunci sirih tidak melihat hal tersebut, sebab kemampuannya sangat sesuai dengan segala jenis batuk yang anda derita.

#19. Mengobati Sakit Tenggorokan
Terkait dengan batuk dan juga asma, tengorokan merupakan bagian dari penyakit yang sudah disebutkan. Jika keadaan tenggorokan anda sakit, maka jika dibiarkan akan menimbulkan radang serta bisa lebih parah dari itu. Jadi cobalah anda konsumsi jamu kunci sirih, maka sakit tenggorokan anda akan teratasi.

Msih ragu akan segala manfaat yang sudah kami sebutkan diatas? Tentunya sedikit banyak anda sudah mulai paham dan tinggal kita lanjut saja tentang bahan baku serta cara membuat sendiri jamu kunci suruh dirumah. Untuk lebih singkatnya, mari simak sama-sama resep berikut!

=> Bahan Baku :
Beda pembuat maka beda pula komposisi yang dipadukan pada jamu kunci sirih. Namun pada umumnya para penjual jamu menggunakan bahan seperti : Daun sirih, temu kunci, asam jawa, manjakani (maja'an), daun beluntas, kencur, kayu manis, buah pinang dan juga daun buah delima.

=> Cara Membuat Atau Mengolah
Siapkan semua bahan (utama rimpang kunci dan daun sirih sedangkan yang lain hanya pelengkap saja). Cuci dan tumbuk kasar menggunakan lumpang. Taruh dalam panci dan tambah air kemudian direbus hingga mendidih (jangan terlalu lama dan jangan sampai berbusa). Selanjutnya tambah sedikit garam dapur dan angkat serta didiamkan hingga hangat. Saring ramuan tadi dan jamu yang anda buat sudah siap dikonsumsi. Tambahan : Bagi anda yang tidak suka pahit, maka bisa menggunakan gula merah sebagai pemanis.

(Baca Juga : 6 Manfaat Jamu Dewi Kecantikan Untuk Wanita)

Demikianlah artikel singkat yang bisa kami tulis. Semoga rincian tentang 19 Manfaat Jamu Kunci Suruh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan ini bisa membantu dan menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Jangan lupa baca juga artikel jamu pada related post dibawah!