Tips Mengobati Penyakit Gondok Dengan Bahan Herbal Alami

Penyakit gondok sering kali ditemui pada setiap daerah di Tanah Air, dimana penyakit gondok disebabkan oleh faktor kesehatan tubuh. Tubuh penderita gondok dipastikan mengalami kekurangan zat yodium. Memang, penyakit gondok bukanlah penyakit menular, tetapi jika tidak segera dilakukan pengobatan akan menyiksa penderitanya.

Penyakit gondok biasanya muncul dengan ciri-ciri terjadinya pembengkakan pada kelenjar ludah, sering dilihat dari fisik seseorang mengalami pembengkakan pada bagian leher. Benjolan yang muncul pada bagian leher cukup besar yang nantinya akan mengganggu penderitanya saat beraktifitas. Selain ciri fisik, penderita gondok juga mengalami rasa sakit pada bagian tenggorokan saat menelan makanan maupun minuman. Hal tersebut akan menurunkan selera makan pengidamnya. Jika pengidam tidak memiliki selera makan, maka asupan yodium dalam tubuh semakin berkurang.

Tips Mengobati Penyakit Gondok Dengan Bahan Herbal Alami
Penyakit gondok dengan kurangnya asupan yodium dalam tubuh, tidak hanya menyerang pada orang dewasa, anak kecil juga bisa mengidam gondok jika kekurangan yodium. Yodium memanglah penting untuk menjaga kekebalan tubuh, selain mengakibatkan penyakit gondok, pada ibu hamil diharuskan untuk konsumsi makanan dengan kandungan yodium. Jika ibu hamil kekurangan yodium, akan berakibat pada bayi yang berada didalam kandungannya. Bayi bisa saja mengalami masalah kesehatan yang nantinya bisa menyebabkan kematian pada bayi. Selain itu, kurangnya asupan yodium juga berdampak pada keterbelakangan mental seseorang.

Baca juga : Cara Mengobati Ambeien atau Wasir dengan cara alami

Untuk mengatasi penyakit gondok, selain melakukan pemeriksaan medis yang disertai dengan pengobatannya yang disertai dengan resep dokter, perlu juga dengan memanfaatkan bahan herbal dan tradisional  secara alami untuk mengurangi efek samping yang dapat memicu penyakit lainnya.
Salah satu cara pengobatan dengan asupan zat yodium yang terkandung dalam garam beryodium. Pilihlah garam dengan banyak kandungan yodiumnya, dikarenakan ada beberapa garam yang memiliki sedikit kandungan yodium, biasanya pada garam kotak dengan harga relatif murah. Asupkan yodium melalui olahan masakan untuk memudahkan dalam konsumsinya.

Selain garam, konsumsilah ekstrak kulit manggis. Kulit manggis yang mengandung antioksidan mampu mengembalikan daya tahan tubuh atau meningkatkan kekebalan tubuh. selain kandungan antioksidan, pada kulit manggis yang mengandung nutrisi yang dapat meredakan penyakit gondok. Caranya mudah, ambil secukupnya kulit manggis yang telah dibersihkan dan dikeringkan, kemudian rebus dalam air mendidih, lanjutkan dengan menuangkan dalam gelas dan meminumnya. Jika Anda kurang suka dengan rasanya, bisa tambahkan madu secukupnya pada air rebusan kulit manggis. Lakukan secara rutin untuk memaksimalkan hasilnya.

Demikian ulasan mengenai pengobatan penyakit gondokdengan bahan herbal alami. Semoga isi ulasan mengenai cara pengobatan gondok bisa bermanfaat bagi para pengidam gondok. Selain melakukan beberapa tips diatas, juga konsultasikan pada dokter untuk membantu memaksimalkan penyembuhannya. Selamat mencoba.