23 Manfaat Jamu Delima Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jamu Delima Putih mungkin sudah sangat familiar bagi kalangan masyarakat tertentu khususnya di pedesaan. Sebab daun yang juga sering dijadikan tanaman hias ini mempunyai peranan penting dan menjadi ramuan turun-temurun yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Adapun manfaat jamu delima putih diantaranya melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kesuburan bagi kalangan wanita, mengatasi keputihan, obat herbal untuk muntaber serta masih banyak lagi yang lainnya. Nah dikarenakan begitu banyak kegunaan tersebut, maka sangat tidak heran jika hingga kini jamu dari daun serta buah delima putih ini masih tetap eksis. Dan bagi anda yang penasaran mengenai bahasan lanjutan, mari kita simak sama-sama artikel singkat yang sudah kami sediakan dibawah!


Delima putih merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan buah dan tidak berbeda dengan jenis delima lainnya. Ciri yang paling identik dari tanaman ini ialah daunnya yang berukuran kecil (seperti daun pacar), dan juga buahnya yang berkulit halus dan terlihat licin. Jika dibahas kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, dan serta buah delima putih mempunyai khasiat yang cukup baik bagi dunia kesehatan maupun kecantikan. Seiring perkembangan zaman, hingga kini olahan dari delima putih juga sudah bisa anda peroleh pada gerai atau warung jamu dengan kemasan yang lebih praktis.

23 Manfaat Jamu Delima Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kenapa ada begitu banyak manfaat dari buah delima? Sebab pada buah ini terdapat beberapa kandungan gizi serta kimia alami yang baik untuk tubuh. Kandungan-kandungan tersebut terdiri dari kalsium, vitamin B6, Vitamin C, protein, serat, lemak, energi, karbohidrat, kalori (gula), asam folat, magnesium, seng, zat besi serta senyawa berupa niacin, thiamine, dan riboflavin. Nah dari kandungan tersebutlah bisa anda peroleh semua manfaat yang tentunya akan memaksimalkan kinerja metabolisme tubuh. Adapun beberapa manfaat yang sudah kami rangkum ialah :

Manfaat Jamu Delima Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Manfaat ini terkait dengan pencegahan beberapa masalah terkait dengan sistem pencernaan. Salah satunya ialah mencegah sembelit (Susah BAB), Wasir (ambeien), dan penyakit lain yang ada hubungannya dengan kinerja usus atau lambung.

#2. Mengeluarkan Cacing Dalam Tubuh
Pada kalangan anak-anak pada khususnya, kadang cacing menjadi masalah sehingga masa pertumbuhan sedikit terganggu. Karena fungsinya yang cukup baik untuk membunuh dan mengeluarkan cacing dalam tubuh, maka sangat cocok dikonsumsi oleh anak anda yang mempunyai masalah terkait dengan cacingan.

#3. Mengatasi Begah Atau Perut Kembung
Terkadang masuk angin atau salah dan mengkonsumsi makanan akan membuat perut anda kembung karena gas pada lambung akan diproduksi berlebih. Cara termudah untuk membuang gas tersebut ialah dengan merebus kulit dari buah delima kemudian diminum secara rutin paling tidak sebanyak 2x sehari masing-masing secukupnya.

#4. Mencegah Sariawan Dan Dampaknya
Sariawan tidak hanya berdampak pada bibir yang pecah-pecah, namun bisa jadi semua anggota tubuh yang terkait dengan sistem pernafasan dan pencernaan terasa tidak enak. Maka dari itu, untuk mengatasi sariawan dan sakit tenggorokan secara alami, cukup keringkan bibi delima putih kemudian tumbuk hingga halus. Selanjutnya tinggal direndam dengan air hangat dan diminum secara rutin.

#5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah
Kandungan kolesterol yang berlebih sangat tidak sehat dan kemungkinan bisa menjadi munculnya beberapa jenis penyakit yang salah satunya hipertensi. Kolesterol atau lemak dalam darah harus di netralisir sehingga sirkulasi darah menjadi lebih stabil. Dan sebagai alternatif yang paling sederhana, mengkonsumsi delima putih bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin hidup sehat tanpa kolesterol.

#6. Mengurangi Gejala Insomnia
Daun dari delima putih mempunyai sifat menenangkan sehingga bisa dijadikan terapi penyembuhan insomnia. Kebiasaan buruk seperti sulit tidur akan cepat teratasi dengan hanya memanfaatkan daun delima putih yang direbus kemudian diminum airnya secara rutin.

#7. Mengatasi Keputihan
Bagi beberapa kaum hawa, keputihan menjadi suatu masalah yang paling umum dialami. Maka dari itu, jika anda tidak suka mengkonsumsi jamu, mungkin masalah ini akan sangat sulit diatasi. Untuk mengurangi dampak keputihan, cukup rebus kulit delima putih dan sedikit daun sambiloto. Tunggu hingga dingin dan minum air rebusan secara rutin hingga keputihan anda hilang.

#8. Mempunyai sifat Anti-Inflamasi
Bunga dari delima putih bisa dijadikan obat kumur alami yang sifatnya sangat baik untuk mengurangi radang atau bengkak pada gusi. Pertama anda bisa menyiapkan sekitar 7 kuntum bunga delima putih kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Jadikan obat kumur dan anda bisa merasakan sendiri hasilnya.

#9. Menyembuhkan Sering Buang Air Kecil
Istilah sering kencing mungkin berbeda-beda pada setiap wilayah. Salah satunya dikenal dengan sebutan cercer (bahasa madura). Dan bagaimana cara mengatasi keseringan buang air kecil tersebut? Pertama anda persiapkan dulu daging buah delima putih (diutamakan buah yang sudah matang), 1 genggam kucai dan rebus dengan air (sekitar 3 gelas) hingga tersisa setengahnya. Dinginkan air rebusan kemudian diminum 2x sehari dengan porsi 3/4 gelas untuk 1x konsumsi.

#10. Diet Mempercepat Penurunan Berat Badan
Jika anda mempunyai perut buncit dan ingin tampil langsing dengan cepat, mungkin jus dari buah delima akan sangat membantu mempercepat pembakaran lemak pada tubuh. Hal ini tentunya masih ada kaitan dengan lancarnya sistem pencernaan dan maksimalnya metabolisme tubuh. Minum jus buah delima secara rutin maka tubuh anda akan tetap stabil dan tidak akan mengalami kelebihan berat badan. Bisa juga dengan meminum air rebuan daun sehingga hasil yang anda peroleh lebih optimal.


#11. Menjaga Kekencangan Kulit
Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitas yang pada akhirnya menjadi lebih kendor atau tidak lagi kencang. Dalam hal ini wajah juga terkena dampak dan sering timbul keriput yang sangat menganggu penampilan. Dan untuk mengurangi masalah tersebut, anda bisa merebus atau mengukus beberapa lembar daun delima putih dengan air secukupnya. Selanjutnya tiriskan ditumbuk hingga halus. Tahap penggunaan ialah dengan menempelkan secara merata pada bagian kulit sembari melakukan pemijatan lembut.

#12. Menyembuhkan Disentri
Penyakit ini erat kaitanya dengan organ siste pencernaan. Sama halnya dengan wasir, disentri juga butuh penanganan khusus agar lebih cepat sembuh dan metabolisme kembali normal. Cara membuat yaitu dengan menumbuk kasar 1 genggam daun delima putih dan 2 rimpang temu ireng. Rebus dengan air secukupnya dan saring sebelum diminum.

#13. Menjaga Kesehatan Mata
Indera penglihatan yang satu ini sering saja mengalami beberapa masalah yang salah satunya dikenal dengan sebutan konjungtivitis. Untuk mengatasi penyakit tersebut, anda bisa memanfaatkan daun dari delima putih. Untuk penerapan ialah dengan menghaluskan daun delima putih terlebih dahulu kemudian ditapalkan pada area mata yang ingin diobati. Diamkan beberapa saat dan proses akhir ialah dengan pembilasan.

#14. Menghentikan Diare (murus)
Diare atau yang juga dikenal dengan mencret bisa menyerang siapa saja khususnya yang kurang menjaga kebersihan makanan. Bakteri penyebab diare sangat mudah berkembang dan yang paling sering terjadi ialah pada kalangan anak-anak. Cara membuat ialah dengan mengeringkan kulit buah delima putih kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh sekitar 1/2 sdt bubuk dengan 1/2 gelas air mendidih. Minum 2x sehari secara rutin hingga diare anda sembuh total.

#15. Melancarkan Keluarnya Haid
Bagi beberapa orang, datang bulan atau menstruasi terkadang mengalami gangguan. Entah itu keluarnya yang tidak lancar atau bisa juga datangnya yang telat atau terlambat dari jadwal. Cara mendapatkan manfaat ini cukup dengan merebus daun delima putih dan minum secara rutin paling tidak 5 hari secara berturut-turut.

#16. Mengobati Muntaber Pada Anak
Muntaber atau yang juga dikenal dengan muntah berak sering saja terjadi khususnya bagi kalangan anak-anak. Cara menggunakan yaitu anda harus mengeringkan terlebih dahulu kulit dari buah delima putih. Setelah itu ditumbuk (dihaluskan) dengan campuran haje, biji pala dan jinten. Campuran tersebut kemudian diberi sedikit air dan dioleskan pada bagian perut anak secara merata.

#17. Meringankan Batuk
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan tenggorokan khususnya batuk, mungkin delima putih bisa membantu menyelesaikan masalah yang sedang alami. Pertama anda harus mengeringkan daun delima, rebus bersamaan pucuk (tunas) daun dan sedikit lada hitam. Selanjutnya bisa diminum selagi hangat. Fungsi ramuan ini sangat baik untuk melegakan sistem pernafasan dan juga menyembuhkan batuk secara alami.

#18. Menyembuhkan Rektum Porlap
Masalah ini merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada daerah anus. Dan untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada rektum tersebut bisa diatasi dengan cara berendam menggunakan air daun delima putih. Pertama anda campur daun delima putih dengan sedikit tawas dan air. Saring kemudian gunakan air tersebut untuk merendam anus atau digunakan untuk membasuh area anus anda secara rutin.

#19. Obat Herbal Untuk Hepatitis B
Hpatitis B atau yang dikenal juga dengan sebutan penyakit kuning merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena tidak maksimalnya kinerja organ hati. Hal ini bermula karena adanya penumpukan bilirubin pada darah dan jaringan tubuh lain yang pada akhirnya menimbulkan gejala seperti kulit berubah kuning dan lain sebagainya. Gejala penyakit kuning ini juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun delima putih dengan cara mengeringkan daun tersebut terlebih dahulu. Haluskan daun delima putih yang sudah kering dan sediakan sekitar 3 gram untuk direbus. Proses akhir ialah minum air rebusan tersebut secara rutin 2x sehari secara rutin.

#20. Menyembuhkan Sakit Telinga
Daun delima putih juga bisa difungsikan sebagai obat telinga yang terbilang sangat ampuh. Anda hanya harus menumbuk beberapa lembar daun lalu disangrai dengan campuran minyak wijen. Selanjutnya bisa langsung digunakan dengan cara menempelkan ramuan tersebut pada bagian telinga yang sakit.

#21. Mencegah Kanker Payudara
Manfaat ini sangat cocok bagi kalangan kaum hawa yang ingin mempunyai tubuh lebih sehat serta tercegah dari yang namanya kanker payudara. Sebab selain bisa mencegah, buah delima putih juga tidak sulit didapat. Yang terpenting lagi ialah harga yang perlu anda bayar tidaklah mahal. Cukup konsumsi buah delima putih secara rutin, maka sel-sel tubuh akan lebih sehat dan bisa mencegah munculnya sel kanker maupun tumor.

#22. Mengatasi Masalah Eksim
Eksim atau eksema merupakan salah stau penyakit kulit yang gejalanya bisa dikenali dengan melihat kondisi kulit. Terkadang terdapat peradangan. lepuh, memerah, bintik-bintik dan lain sebagainya pada permukaan kulit. Eksim sangat mudah sekali disembuhkan jika anda kreatif dan mencari informasi yang benar. Yang perlu anda manfaatkan hanyalah daun delima putih yang dihaluskan kemudian ditapalkan pada area kulit yang terdapat eksim. Lakukan secara rutin hingga kulit yang terkena eksim benar-benar sembuh.

#23. Terapi Penyembuhan Impotensi
Impoten bisa saja menyerang kalangan laki-laki yang tidak maksimal menjaga kesehatan. Khasiat ini bisa diperoleh dengan hanya mencampur 1 delima putih yang diperas (diambil airnya) dan daging kelapa muda mulung. Tidak lupa pula dipadukan dengan ketan gajih yang sudah direndam, gula aren, madu dan sedikit gula pasir. Tumbuk semua bahan hingga halus, rebus hingga mendidih dan bahan tercampur rata, saring dan minum ramuan ini sampai habis selagi hangat.


Demikianlah ulasan yang bisa kami tulis terkait 23 Manfaat Jamu Delima Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa dishare juga dengan teman-teman yang lain. Terima kasih!