13 Manfaat Jamu Macan Kerah Untuk Wanita

Manfaat Jamu Macan Kerah ini sudah terbilang turun-temurun dan hingga kini masih eksis dan masih sering digunakan dalam dunia pengobatan herbal. Beberapa khasiat Jamu Macan Kerah ini dipercaya bisa menyuburkan kandungan bagi kalangan istri, menghilangkan bau badan, mengharumkan organ kewanitaan, mengatasi keputihan dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, sebagai salah satu referensi bagi anda yang sedang mencari informasi terkait dengan fungsi dan kegunaan jamu kerah macan, mungkin rangkuman singkat dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Yuk simak sama-sama rincian berikut!

(Simak Juga : 27 Manfaat Jamu Cabe Puyang Untuk Kesehatan)

Jamu Macan Kerah merupakan resep herbal dikhususkan untuk kalangan wanita guna menjaga keharmonisan hubungan rumah tangga. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa kalangan pria di tuntut untuk mengkonsumsinya. Jamu ini juga dikenal dengan berbagai nama panggilan terutama pada kalangan masyarakat desa yang mempunyai suku jawa dan madura. Beberapa nama tersebut sering didengar dengan jamu kerah macan, kembheng keramacan, dan yang terakhir yaitu jamu macan kerah. Dari beberapa nama tersebut anda mungkin bisa langsung mengenal dan ingat secara langsung bahwa anda mungkin pernah juga mengkonsumsinya.

13 Manfaat Jamu Macan Kerah Untuk Wanita

Tidak melihat dari namanya (macan kerah), jamu ini terbuat dari bahan herbal yang mayoritas berasal dari jenis bunga. Terbilang sederhana dan mungkin anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Tapi sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja bahan yang digunakan sehingga proses pembuatan bisa berjalan dengan lancar. Nah, meskipun menggunakan bahan dari alam, khasiat dari jamu ini sangat dahsyat sehingga bisa dijadikan alternatif bagi anda yang minim dengan dana dan ingin menghemat pengeluaran. Nah untuk lebih singkatnya, berikut daftar khasiat yang bisa anda ketahui.

Manfaat Jamu Macan Kerah Untuk Wanita

#1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap Saat Haid
Tidak sedikit dari kalangan wanita yang mengeluhkan akan bau yang kurang sedap saat mengalami menstruasi. Hal tersebut tentunya mengurangi rasa percaya diri atau bahkan merasa minder ketika dekat dengan sodara, tetangga ataupun pasangan hidup. Nah, jamu kerah macan bisa meredam bau amis ketika anda sedang datang bulan.

#2. Menyuburkan Kandungan
Mungkin manfaat ini masih tidak bisa dijelaskan secara ilmiah, namun tidak sedikit pula kalangan wanita yang mempercayai bahwa jamu macan kerah bisa mempercepat pasutri memperoleh momongan. Khususnya bagi mereka yang sulit dan sudah lama menjalin hubungan rumah tangga. Tidak penjelasan resmi dari ahli, tapi apa masih ragu untuk mencoba? Tidak ada salahnya usaha dan melakukan segala hal agar tubuh anda lebih subur.

#3. Merawat Organ Kewanitaan
Banyak wanita yang sudah membuktikan dan merasakan sendiri bahwa jamu ini bisa membuat organ kewanitaan lebih keset wangi dan terlihat lebih awet muda. Secara tidak langsung hal ini akan membuat anda lebih percaya diri serta membuat hubungan anda dengan suami lebih harmonis.

#4. Mengatasi Keputihan
Keputihan merupakan salah satu masalah yang sudah umum terjadi pada kalangan wanita. Faktor penyebabnya bisa dikeranakan oleh beberapa hal yang diantaranya ialah kurang menjaga kebersihan organ kewanitaan. Keputihan juga menimbulkan bau tidak sedap serta perasaan tidak nyaman bagi penderitanya. Maka dari itu, ada baiknya jika anda mencoba jamu kerah macan agar gejala keputihan yang anda alami berangsur hilang.

(Lihat Juga : 37 Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan)

#5. Menghilangkan Bau Badan
Sama halnya dengan daun sirih, komposisi yang terdapat pada kamu macan kerah terbilang unik karena kebanyakan berasal dari bunga, daun dan rimpang tanaman. Salah satu manfaat yang anda peroleh ialah untuk menghilangkan bau badan khususnya yang disebabkan oleh bakteri yang timbul karena keringat berlebih. Konsumsi jamu macan kerah, maka tubuh anda harum dari dalam dan secara alami.

#6. Menghangatkan Tubuh
Dikarenakan terdapat pula jahe dan kencur, jamu kerah macan bisa digunakan untuk mencegah masuk angin. Terlebih lagi bisa digunakan juga untuk mengatasi perut kembung, meringankan mual, mengurangi gejala kedinginan (menggigil), dan lain sebagainya.

#7. Melancarkan Siklus Haid
Ada begitu banyak jenis jamu yang bisa anda gunakan untuk melancarkan haid. Salah satunya ialah kerah macan karena didalamnya terdapat komposisi yang mendukung agar tubuh anda lebih stabil. Jika anda mengalami datang bulan yang tidak normal, mungkin jamu ini bisa jadi salah satu solusi yang bisa anda terapkan.

Selain dari 7 daftar yang sudah kami tulis diatas, terdapat pula manfaat lain seperti : Mendinginkan tubuh (bisa digunakan untuk menurunkan demam), mengeluarkan penyakit dalam (sering dikaitkan dengan mistis), melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit, menunda penuaan dini, menstabilkan metabolisme tubuh, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terdapat pertanyaan lain yang juga sering muncul dari familiarnya jamu macan kerah. Apa saja bahan dan bagaimana cara membuatnya? Nah, agar informasi yang anda cari lebih lengkap, berikut resep sederhana yang perlu anda persiapkan.

=> Bahan Pembuatan Jamu Macan Kerah
Sebenarnya anda sudah bisa melihat beberapa bahan dengan melihat lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas. Tapi agar lebih paham, bahan yang diperlukan diantaranya : Bunga kenanga, bunga kantil, bunga mawar, jeruk nipis, kayu granti, kayu mesoyi, rimpang kunyit, kencur, jahe, dan kapulaga. Semua bahan bisa disetarakan atau dengan porsi secukupnya.

=> Cara Membuat Jamu Macan Kerah
  • Cuci bersih dan tumbuk semua bahan hinga halus (bisa juga menggunakan blender)
  • Selanjutnya tambah sedikit air, saring dan peras agar terpisah dengan ampas.
  • Panaskan dengan menggunakan panci (pakai api kecil) hingga mendidih.
  • Bisa pula diberi tambahan gula pasir serta gula merah secukupnya.
  • Aduk dan angkat hinga tamuan kembali dingin.
  • Minum 3x sehari secara rutin hingga efek baik bisa anda rasakan.
* Tambahan :
Tiap daerah bisa beda cara pembuatan atau pengolahan. Terkadang hanya merendam bunga dengan air matang, menyeduh dengan air mendidih (biasanya sudah berupa bubuk), atau merebus langsung tanpa harus melalu proses penumbukan.

(Baca Juga : 36 Manfaat Jamu Akar Daun Untuk Kesehatan)

Demikianlah ulasan mengenai 13 Manfaat Jamu Macan Kerah Untuk Wanita. Semoga bisa membantu dan memberi informasi yang memang benar-benar anda butuhkan. Jangan lupa dishare ya.!!! Terima kasih!